Motor Baca, Cara Unik Jabar Tingkatkan Budaya Literasi

Bandung - Pemprov Jawa Barat punya berbagai langkah nih TemanBaik untuk meningkatkan budaya literasi. Sejak dilantik, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah meluncuran beberapa program terkait literasi, mulai dari Kolecer (Kotak Literasi Cerdas), Makan Jengkol (Mari Kita Antar Jemput Buku dengan Kolaborasi), hingga Candil (Maca Dina Library).

Hari ini, inovasi unik terkait literasi kembali diluncurkan. Sebanyak 24 Motor Baca dibagikan untuk disebar ke 24 kabupaten/kota di Jawa Barat. Masing-masing daerah mendapatkan satu unit Motor Baca.

Moto Baca ini adalah motor roda tiga. Di bagian belakangnya terdapat boks atau kotak yang ukurannya lumayan besar. Bagian samping dari kotak itu bisa dibuka. Jika dibuka, akan terlihat di dalamnya rak yang sudah tersusun buku-buku.

Sisi keunggulan dari Motor Baca ini adalah lebih leluasa dibawa berkeliling ke berbagai lokasi. Intinya, motor ini menggunakan sistem jemput bola agar masyarakat punya akses mudah untuk membaca.

Baca Ini Juga Yuk: Habibah Tulillah, Sediakan Buku Buat Anak Desa di 'Rumah Tumbuh'

"Ini lebih mobile dengan prinsipnya sama dengan Kolecer, yaitu mendekatkan buku kepada masyarakat," kata Emil, sapaan Ridwan Kamil, di Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, Jumat (10/1/2020).

Menurutnya, ada kendala untuk mengundang atau memancing orang datang ke perpustakaan. Sebab, orang akan punya beragam alasan, mulai dari jarak yang jauh, macet, serta alasan lainnya.

Motor Baca pun jadi solusi. Sehingga, masyarakat tak perlu datang ke perpustakaan jika ingin membaca. Sebab, Motor Baca akan bergerak mendatangi masyarakat secara langsung. Cara ini diharapkan membuat budaya literasi di masyarakat meningkat.

"Mudah-mudahan dengan begini Jawa Barat jadi masyarakat percontohan (dalam budaya literasi) dan (berbagai upaya Pemprov Jawa Barat) ini sudah diapresiasi oleh Perpusnas. Tahun lalu kita dapat award literasi Puspaloka sebagai provinsi yang sangat progresif untuk memajukan literasi," jelas Emil.


Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler