Pengumpulan Bantuan di Rumdin Ridwan Kamil Masih Dibuka

Bandung - TemanBaik masih ada yang ingin memberikan bantuan untuk korban bencana banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah di Jawa Barat? Jika mau menyumbang, rumah dinas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, masih terbuka loh untuk menerima bantuanmu.

Kamu bisa menyumbangkan apapun, mulai dari barang, makanan, atau termasuk uang. Bantuan yang terkumpul dipastikan akan disalurkan ke lokasi bencana. Jadi, enggak perlu khawatir bantuanmu akan sia-sia.

Menurut Emil, sapaan Ridwan Kamil, pengumpulan bantuan masih akan terus dibuka hingga waktu yang belum ditentukan. Harapannya, semakin banyak bantuan terkumpul, semakin banyak orang di lokasi bencana yang terbantu. Pengiriman bantuan ke lokasi bencana bahkan sudah dilakukan beberapa kali secara bertahap.

"Masih berlangsung, tiap hari kita juga ngirim (bantuan), ke daerah terisolir juga tiga hari sekali naik helikopter juga kita lakukan. (Pengumpulan bantuan) sampai seterusnya aja sampai situasi kembali normal," kata Emil di Gedung Negara Pakuan, Jumat (10/1/2020).

Baca Ini Juga Yuk: 5 Langkah Cepat yang Wajib Dilakukan Saat Banjir

Pantauan BeritaBaik.id di lokasi, bantuan masih terus berdatangan. Salah satu yang kebetulan baru tiba adalah ratusan matras yang didatangkan menggunakan truk. Petugas pun terlihat sibuk mengangkut matras-matras tersebut untuk dikumpulkan di gudang.

Sementara di area gudang, masih ada beberapa bantuan yang belum disalurkan, seperti peralatan sekolah, makanan, hingga pakaian. Rencananya, pada Sabtu (11/1/2020) akan ada sebagian bantuan yang dikirim ke lokasi bencana di Bogor.


Bantuan yang Paling Efektif

Selain bantuan logistik, sebenarnya ada bantuan lain yang tak kalah dibutuhkan, yaitu uang. Nantinya, uang yang terkumpul bisa dipakai untuk penanganan di lokasi setelah masa tanggap darurat selesai.

Ketua Jabar Quick Response Mocahammad Hanif mengatakan sebenarnya bantuan makanan dan logistik lainnya sudah memadai. Sebab, pemerintah memiliki dana yang cukup untuk menyediakannya. Karena itu, untuk saat ini, ia menyarankan masyarakat untuk menyumbang berupa uang.

"Paling efektif (dibutuhkan) sebenarnya (bantuan) berupa dana. Bantuan ini bisa dipakai untuk dilakukan pasca bencana, bisa untuk membangun rumah, school kit, disinfektan, sabun, dan lain-lain. Itu (bantuan dana) akan lebih leluasa digunakan. Kalau berupa makanan dan lain sebagainya, Dinas Sosial cukup lumayan stoknya untuk kondisi sekarang," jelas Hanif.

Tapi, jika TemanBaik tetap ingin menyumbang barang seperti makanan, ia menyarankan agar menyumbang makanan cepat saji dengan masa kedaluwarsa panjang. Sehingga, makanan bisa disimpan untuk jangka waktu lama. Jika menyumbang pakaian, sebaiknya berikan pakaian yang benar-benar layak pakai.

Jika TemanBaik ingin memberi bantuan, kamu bisa menghubungi Jabar Quick Response. Salah satunya melalui akun Instagram @jabarquickresponse. Di sini kamu juga bisa mengecek kebutuhan apa yang diperlukan korban bencana hingga informasi pendaftaran relawan.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler