Mimpi Ridwan Kamil Jadikan Jabar Pusat Busana Muslim Dunia

Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil punya mimpi besar loh TemanBaik. Ia ingin menjadikan Jawa Barat sebagai pusatnya busana muslim dunia. Sehingga, Jawa Barat akan jadi kiblat dari tren busana muslim dunia.

"Kami bercita-cita agar Jawa Barat ini jadi pusat fesyen muslim sedunia," kata Emil, sapaan akrabnya, dalam Talkshow Fashion Industry & Sustainability di Shafira Store, Kota Bandung, Sabtu (11/1/2020).

Alasan besarnya, Indonesia adalah negara yang mayoritas warganya muslim. Bahkan, muslim di Indonesia adalah terbanyak di dunia. Mayoritasnya jelas ada di Jawa Barat yang merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia.

Selain itu, ada dampak ekonomi yang secara luar biasa akan dirasakan para pelaku usaha busana muslim. "Perputaran uangnya ratusan T (triliun)," ungkap Emil.

Ia pun berharap pelaku bisnis busana muslim tak hanya mencari keuntungan. Tapi, mereka juga memberi manfaat positif bagi masyarakat, misalnya menyalurkan keuntungan untuk masyarakat, memberi pelatihan, atau kegiatan baik lainnya.

"Itulah konsep paripurna dari sebuah usaha busana muslim," ucap Emil.

Potensi Jawa Barat
Founder of Shafira Feny Mustafa mengatakan sangat memungkinkan Jawa Barat jadi pusat busana muslim dunia. Salah satunya karena banyak brand fesyen busana muslim di Jawa Barat.

"Desainer-desainer busana muslim juga yang ada di Indonesia juga kebanyakan berasal dari Jawa Barat, walaupun mungkin dia ada yang berkiprah di Jakarta," ujar Feny.

Bahkan, ia optimistis mimpi Emil akan segera terwujud. Sebab, segala hal yang dibutuhkan untuk jadi pusatnya busana muslim dunia sudah ada. Apalagi, ke depan juga akan terus lahir industri dan pelaku usaha di bidang busana muslim.

Shafira sendiri menurutnya sudah bekerjasama dengan pemerintah untuk pengembangan usaha busana muslim. Hal itu sudah dilakukan sejak 15 tahun dengan berbagai instansi pemerintah. Bahkan, Feny menjadi Tim Ahli untuk program One Pesantren One Product (OPOP). Pesantren yang ikut serta pun diharapkan bisa turut jadi penyokong terwujudnya mimpi Emil.

"Pesantren-pesantren yang punya bisnis di bidang fesyen dimagangkan di kita. Salah satunya diberi materi bagaimana berbisnis fesyen secara profesional," jelasnya.

Selain itu, dalam waktu dekat akan ada banyak pelaku bisnis busana muslim di Jawa Barat yang diberi pelatihan di Dekranasda Jawa Barat. Mereka akan diberikan pengetahuan dan trik bisnis, mulai dari produksi, marketing, hingga branding.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler