Dinkominfo Pekalongan Hadirkan Internet Sehat di SDN Karangmalang

Pekalongan - Untuk mewujudkan generasi penerus yang terbuka dengan teknologi dan informasi, Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan memfasilitasi anak sekolah supaya belajar memanfaatkan IT secara positif dan sehat.

Hal ini memang menjadi perhatian khusus Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan, sebab di tahun 2020 ini Pemkot bakal terus menanamkan internet sehat kepada seluruh siswa di Pekalongan. Internet sehat juga mendukung program pemerintah Kota Pekalongan yakni smart city.

Untuk merealisasikan hal ini, Bidang Pengelolaan Sistem Informasi dan Persandian (PSIP) Dinkominfo Kota Pekalongan memberikan pembelajaran internet positif dengan Mobile Community Acces Point (MCAP).

Pelajaran tentang internet sehat pun diberikan kepada siswa di SDN Karangmalang Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan. Petugas Pelaksana Dinkominfo Kota Pekalongan, Ayuning Triastanti membagikan pengetahuan internet positif kepada para siswa di SDN Karangmalang, Senin (13/1/2020).

Baca Ini Juga Yuk: 3 Mahasiswa UI Bikin Jam Pintar Deteksi Penggunaan Internet

"Kegiatan Internet Keliling atau MCAP ini untuk keliling ke sekolah, memberikan pengetahuan bagi para siswa dan guru agar semakin melek IT. Selain memfasilitasi, kami tetap mengawasi anak-anak dalam menggunakan internet agar tidak membuka situs yang dilarang," kata Ayuning lewat laman pekalongankota.go.id.

Menurut perempuan yang akrab disapa Ayu ini, pendidikan internet sejak dini, sangat dibutuhkan, tetapi tentu harus diajarkan bagaimana memanfaatkan internet dengan bijak dan positif.

"Sebetulnya MCAP ini menyasar ke semua kalangan, bukan hanya pelajar. Tapi kami lebih banyak ke sekolah-sekolah khususnya SD, karena pihak sekolah juga memanfaatkan ini sebagai wadah informasi siswa dalam mengerjakan tugas," tutur Ayu.

Program pembelajaran internet positif bagi dengan MCAP ini biasanya dimulai Senin-Kamis pukul 09.00-12.00 WIB. Sebelum ke tempat tujuan, biasanya telah ada kesepakatan jadwal antara sekolah dan Dinkominfo Kota Pekalongan. "Jadi ketika MCAP datang, pihak sekolah dapat mengatur kelas mana yang akan menggunakan fasilitas MCAP," pungkas Ayu.


Foto: pekalongankota.go.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler