Asyik! Piala Presiden E-Sports Bakal Digelar Rutin

Bandung - TemanBaik, jika kamu gemar bermain game, ada kabar baik nih. Piala Presiden E-Sports bakal digelar secara rutin setiap tahun. Di ajang ini, kamu bisa bermain game sambil berburu hadiah menggiurkan.

"Untuk Piala Presiden E-Sports, insya Allah akan diselenggarakan setiap tahun," ucap Tenaga Ahli Muda Kantor Staf Presiden Aditya Syarif di sela Final Regional Barat Piala Presiden E-Sports 2020 di Paskal 23, Kota Bandung, Minggu (19/1/2020).

Menurutnya, kompetisi Piala Presiden E-Sports adalah bentuk dukungan pemerintah bagi industri kreatif, khususnya di dunia game dan e-sports. Ajang ini diharapkan bisa jadi wadah anak muda untuk melakukan kegiatan positif.

Di Indonesia, e-Sports diyakini akan semakin berkembang ke depan. Apalagi, belum lama ini terbentuk Pengurus Besar E-Sports Indonesia. Kehadirannya diharapkan membuat industri kreatif, terutama di bidang e-sports semakin bergeliat lagi.


Karena itu, Piala Presiden E-Sports akan jadi sarana bagi gamers di Indonesia untuk berprestasi. Sehingga, hobi bermain game tak hanya membuang waktu semata alisa bisa menghasilkan prestasi dan tentunya uang. Ini jelas jadi kabar baik bagi para gamers.

"Kami dari pemerintah sangat gembira sekali melihat antusiasme anak-anak muda dan masyarakat pada umumnya. Ini juga upaya untuk menyalurkan bakat dan hobi generasi muda ke arah yang lebih positif," ujar Aditya.

Piala Presiden E-sports 2020 sendiri akan segera memasuki babak grand final pada 1-2 Februari mendatang di Jakarta. Final ini akan mempertemukan juara dari babak regional barat dan timur. Finalis juga akan ada dari berbagai negara di Asia Tenggara.

Kegiatan ini adalah kedua kali digelar. Edisi pertama adalah pada 2019 lalu. Kemajuan positif pun terlihat dari dua kali penyelenggaraan.

"Kalau boleh dibilang, secara penyelenggaraan ini jauh lebih baik dari yang tahun lalu," kata Ketua Panitia Piala Presiden E-Sports 2020 Giring Ganesha.

Geliat e-sports di Indonesia sendiri menurutnya semakin meningkat dari waktu ke waktu. Sebagai gambaran, peserta pendaftar Piala Presiden E-Sports 2020 mencapai 177 ribu, baik secara tim maupun individu.

Hadiah yang ditawarkan pun mencapai miliaran untuk berbagai kategori game yang dipertandingkan. Ini jelas jadi nominal yang menggiurkan. Bahkan, panitia menyiapkan akomodasi bagi peserta.

Giring pun menyebut peran pemerintah sangat penting untuk perkembangan e-sports di Indonesia. Sebab, empat kementerian yang jadi elemen pendukung Piala Presiden E-Sports sangat berperan besar.

"So far, kita sangat bersyukur banget karena selalu diberikan dukungan penuh dari Kantor Staf Presiden, Kemenpora, Kemenparekraf, dan juga Kominfo. Empat kementerian yang dari awal mencetuskan ide dari Piala Presiden E-Sports ini selalu ada untuk memberikan yang terbaik," tuturnya.

Dari ajang tersebut, Giring meyakini bakal muncul bibit-bibit atlet e-sports yang kelak bisa diandalkan Indonesia di kancah internasional. Modal positif pun sudah terlihat dalam pelaksanaan final regional timur dan barat.

Selain kemampuan, ada faktor lain yang jadi modal besar atlet Indonesia untuk berkiprah dan menuai prestasi di masa depan. Yang dimaksudnya adalah kualitas mental. "Saya sih bisa bilang mental mereka luar biasa," puji Giring.

Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler