Klub Sepak Bola Legendaris Bali, Gelora Dewata Bakal Reuni

Denpasar - Tahukah TemanBaik, sebelum era Bali United, dulu ada klub sepak bola di Bali yang pernah mengharumkan nama Bali di kancah sepak bola nasional hingga internasional. Klub tersebut adalah Gelora Dewata yang pernah eksis pada era 90an.

Klub legendaris ini berencana mengadakan reuni pada 7 hingga 9 Februari 2020 mendatang di Stadion Ngurah Rai, Denpasar. Stadion ini dulunya adalah markas besar tim dengan julukan 'Naga Hitam Putih' yang bikin gentar setiap lawan.

Baca Ini Juga Yuk: Ada yang Berbeda di Asia Africa Festival 2020, Ini Bocorannya

Bekas striker andalan Gelora Dewata, Wayan Sukadana menyampaikan reuni digelar sebagai ajang napak tilas bagi para mantan pemainnya serta untuk mengingatkan kepada masyarakat Bali bahwa dulu pernah ada klub Gelora Dewata.

"Napak tilas mengenang masa-masa kami dulu. Juga mengingatkan pada masyarakat Bali kalau dulu di Bali pernah ada tim yang pernah mengharumkan nama Bali di kancah sepak bola," katanya pada BeritaBaik, Rabu (29/1/2020).


                                                                                           Foto: Ahmad Muzakky/beritabaik.id

Sejumlah pemain lawas diagendakan menghadiri reuni setelah hampir 25 tahun tidak pernah bersua. “Reuni akan dimeriahkan oleh puluhan mantan pesepak bola era 1990-an. Agenda ini begitu ditunggu-tunggu oleh para mantan penggawa Gelora Dewata," sambungnya.

Hal ini, lanjut Sukadana, ditunjukkan dengan bakal hadirnya mayoritas pemain dari luar Pulau Bali. "Bahkan pemain asing yang berdomisili di Australia. Hampir semua mantan pemain mau berpartisipasi karena inilah reuni pertama setelah sekian lama,” lanjutnya.

Tercatat ada 65 pemain yang memastikan bakal hadir. Sebanyak 18 di antaranya berasal dari wilayah Bali, sementara puluhan nama lain kini sudah terpencar ke penjuru Tanah Air.

Sementara itu Gubernur Bali, Wayan Koster menyambut baik rencana reuni tim yang dulu pernah menjuarai Piala Galatama pada 1993. Ia menganggap nama besar Gelora Dewata akan selalu tercatat di memori pencinta sepak bola di Pulau Dewata, khususnya generasi sebelumnya.

“Masyarakat Bali tentu mengingat kita dulu pernah mempunyai tim yang punya prestasi bagus, dan juga menyumbangkan banyak pemain lokal Bali menjadi pemain nasional. Semangat ini harus digali kembali,” katanya.

Gelora Dewata sendiri merupakan klub asal Bali pertama yang menjejak level elite di kancah sepak bola Indonesia. Selain menjuarai Piala Galatama 1993, pencapaian terbaik mereka lainnya adalah mewakili Indonesia berlaga di Piala Winners Asia (sekarang menjadi AFC) pada 1994.

Foto: dok. Humas Pemprov Bali

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler