Saat Teman Tuli Unjuk Kemampuan di Wonderful DEAFferent Show

TemanBaik, kamu tentu tahu jika para disabilitas tentu punya kelebihan di balik kekurangannya. Mereka pun sama kok bisa melakukan sesuatu seperti orang lain. Bahkan, ada banyak disabilitas yang keistimewaannya belum tentu dimiliki orang lain pada umumnya.

Salah satu keistimewaan disabilitas itu terlihat dalam kegiatan 'Wonderful DEAFferent Show' di Istana Plaza, Kota Bandung, Sabtu (29/2/2020). Kegiatan ini adalah expo pendidikan yang ketujuh kalinya digelar sekaligus untuk HUT ke-11 SLBN Cicendo Kota Bandung.

Di acara ini, lebih dari 200 orang terlibat menyajikan berbagai kemeriahan, tentunya mayoritas adalah para siswa tunarungu alias teman Tuli dari SLBN Cicendo. Melalui kegiatan ini, para siswa diberikan panggung untuk memperlihatkan kemampuannya kepada publik bahwa mereka punya kemampuan dan keistimewaan.

"Kita ingin menyampaikan ke dunia luar bahwa tunarungu juga bisa menjadi sesuatu dan bermanfaat," kata Kepala SLBN Cicendo Kota Bandung Wawan.

Apa saja sih yang ditampilkan dalam kegiatan ini? Banyak banget loh TemanBaik, mulai dari bermain angklung, modelling, menari, hingga aksi pantomim. Sepintas, jika kamu melihat penampilan mereka secara langsung, pasti enggak nyangka deh jika yang tampil adalah teman Tuli.


Hadirkan Aneka Karya

Selain ragam aksi di panggung, kegiatan ini juga menghadirkan berbagai karya para teman Tuli siswa SLBN Cicendo loh. Mulai dari aneka kue dan makanan, lukisan, kriya berbahan kayu hingga daun, serta beragam pernak-pernik.

Karya para teman Tuli itu pun dijual untuk umum. Sehingga, secara tidak langsung mereka yang datang bisa mengapresiasi kemampuan dan ketekunan para teman Tuli. "Karya anak-anak memang sengaja ditampilkan. Ini adalah hasil pembelajaran mereka selama ini di sekolah. Uang hasil penjualannya juga kita putarkan lagi untuk kegiatan anak-anak di sekolah," ujar Ketua Panitia 'Wonderful DEAFferent Show Witri Erdiawati.

Menariknya, anak-anak disabilitas di luar tunarungu dan siswa berbagai SLB juga ikut hadir di sini. Mereka mengikuti aneka lomba, mulai dari lomba mewarnai, fotografi, hingga modelling.


Berharap Ditiru SLB Lain

Kegiatan ini dirasa istimewa dengan hadirnya Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. Ia pun mengapresiasi kegiatan tersebut. Sebab, kegiatan itu membuktikan bahwa disabilitas bisa berprestasi dan melakukan berbagai hal.

Ia bahkan berharap kegiatan serupa juga dilakukan SLB lain di seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat. Sehingga, eksistensi disabilitas bisa mencuat ke permukaan. Dengan begitu, publik juga akan semakin sadar bahwa ada orang-orang istimewa di sekitarnya.

"Saya berharap kegiatan seperti ini bukan hanya ada di Kota Bandung, tapi dilaksanakan juga SLB di kabupaten/kota lain. Sebab, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat," tutur Uu.

Uu sendiri sempat membuat suasana di lokasi berlangsung meriah. Sebab, ia membuat kuis dan memberikan hadiah bagi pemenang. Ia memberi pertanyaan siapa nama Wakil Presiden Indonesia, nama Gubernur Jawa Barat, dan nama Kadisdik Jawa Barat.

Banyak yang merebut untuk bisa naik ke panggung dan memberi jawaban. Tapi, mereka yang paling cepat mengacungkan tanganlah yang berhak naik ke panggung. Tiga pemenang pun didapat.

Ketiga pemenang adalah semuanya teman Tuli. Mereka menjawab dengan bahasa isyarat. Tapi, ada penerjemah di sampingnya. Sehingga, Uu bisa mengerti jawaban mereka.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler