Permudah Teman Netra di Tempat Makan, Yuk! Lakukan Hal Ini

Bandung - TemanBaik, pernah enggak kamu membayangkan suatu waktu bertemu teman netra alias tunanetra di suatu acara? Terbayang enggak bagaimana mereka mengambil makanan yang tersaji?

Dalam contoh lain, kamu tiba-tiba bertemu teman netra saat di restoran atau tempat makan lainnya. Pernah membayangkan enggak bagaimana mereka makan? Iya, namanya cara makan, pasti menggunakan sendok atau tangan. Tapi, tentu ada perbedaan yang harus kamu pahami karena penglihatan mereka terbatas atau sama sekali tak bisa melihat.

Langkah pertama, bantulah teman netra untuk mengambilkannya makanan atau memesankannya. Jelaskan pada teman netra makanan atau menu apa saja yang ada, baik saat di suatu acara atau di tempat makan.

Tapi, sebelum itu, tanya dulu deh apakah teman netra itu butuh bantuanmu atau enggak. Dengan begitu, teman netra juga akan merasa dihargai. Sebab, dalam beberapa kasus, ada teman netra yang tidak mau dibantu karena merasa bisa melakukannya sendiri. Jika sudah seperti ini, enggak usah memaksa memberi bantuan ya.


Jika butuh bantuan, baru deh kamu turun tangan. Kamu bisa mengambilkan makanan atau membantu memesankan makanan. Jika makanannya berkonsep prasmanan alias diambil sendiri, tanyakan apakah mau didampingi atau diambilkan saja.

Jelaskan padanya menu apa saja yang ada. Setelah makanan tersaji di atas piring dan disimpan di atas meja makan, jelaskan padanya posisi masing-masing makanan.

"Terangkan isinya, misalnya arah jam 9 itu ada sayur, jam 12 sambal, jam 3 daging, dan lain. Menjelaskannya searah jarum jam agar tunanetra tahu posisi makanannya," kata pegiat HAM disabilitas Bandung Raya Aden Achmad.

Kamu enggak perlu khawatir, meski enggak melihat, mereka tahu kok posisi jarum jam. Jadi, jangan ragu-ragu memberi penjelasan. Tapi, tentu arah jam ini disesuaikan dengan posisi teman netra duduk ya, jangan dari pandangan kamu. Namanya juga mereka kan yang mau makan, bukan kamu.

Selain itu, jangan lupa jelaskan posisi benda lain di sekitar meja makan, misalnya tisu di arah jam berapa hingga gelas untuk minum posisinya di mana. Jika sudah seperti ini, mereka akan lebih leluasa untuk makan. Jadi, mereka enggak akan salah mengambil makanan di piring, misalnya mau mengambil nasi malah mengambil sambal.

Hal seperti itu bukan bercanda loh TemanBaik. Bahkan, hal seperti itu kerap terjadi karena teman netra enggak tahu posisi makanan mereka di piring. Jadi, sebaiknya kamu bantu mereka ya.

Foto: Ilustrasi Agam/beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler