Keren! Gedung Sekolah di Bali Ini Bentuknya Kapal Pesiar

Ubud - Jika biasanya gedung sekolah berbentuk kotak, namun berbeda dengan gedung sekolah pariwisata Indiana Hospitality Management School. Gedung sekolah hospitality di Ubud ini berbentuk kapal pesiar loh, TemanBaik.

I Nyoman Diana, sang direktur sekolah sengaja membangun gedung dengan bentuk seperti itu agar siswa dapat merasakan sensasi berada di kapal pesiar yang sesungguhnya. "Setidaknya siswa nanti mempunyai bayangan di awal kapal pesiar itu seperti ini," katanya, Rabu (11/3/2020).

"Bali memang identik dengan pariwisata. Animo anak muda Bali untuk bekerja di sektor ini, terutama kapal pesiar terus meningkat," tambahnya. Karena itulah Nyoman mendirikan lembaga pendidikan dan pelatihan tenaga kerja di bidang ini.

Gedung berkapasitas hingga 800 orang ini mulai dibangun pada Agustus 2018 di atas lahan seluas 30 are. Sekolah ini dilengkapi dengan 20 ruang kelas, 14 kamar, 4 resto, 1 bar, serta 1 kolam renang untuk pelatihan Basic Safety Training (BST).

"Di bagian atas juga ada open deck lazimnya di kapal pesiar beneran," kata Diana. Sejumlah fasilitas tersebut rencananya juga akan dibuka untuk umum. "Biar siswa bisa praktik langsung bagaimana meng-handle tamu," lanjut Nyoman.

Baca Ini Juga Yuk: Mengintip Bus Ramah Disabilitas yang Ditawarkan ke Ridwan Kamil

Menariknya lagi, bagian luar gedung dihiasi lukisan mural raksasa bergambar Angsa. "Konsep gedung kami adopsi dari kapal pesiar Norwegian Cruise Line dengan sedikit modifikasi pada lukisannya," kata dia. Tema lukisan yang diambil adalah Hamsa Wiwekajnana yang berarti Angsa yang bijaksana.

"Angsa mesipun di air yang keruh tetap bisa membedakan yang mana yang mesti dia makan," tuturnya. "Harapan kami dengan filosofi tersebut ketika anak didik telah menyelesaikan pendidikannya mampu bijaksana memilih jalan terbaik yang harusnya mereka ambil," kata Nyoman.

Selain itu, Angsa yang merupakan kendaraan Dewi Saraswati atau dewi pengetahuan dalam mitologi Hindu ini bisa hidup di ketiga unsur alam yakni di air, darat, dan udara. "Artinya, ilmu pengetahuan melampaui batasan-batasan itu," tutupnya.

Foto: Ahmad Muzakky/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler