Bekerja Saat PSBB Bandung Raya, Ini yang Harus Disiapkan

Bandung - TemanBaik, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di kawasan Bandung Raya akan efektif berjalan dua pekan mulai Rabu (22/4/2020) pukul 00.00 WIB. Kawasan Bandung Raya ini meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung.

Ya, PSBB jelas tidak diinginkan siapapun. Tapi, PSBB harus dilakukan demi kemaslahatan bersama. Mau tidak mau, kamu tinggal di kawasan Bandung Raya harus hidup di tengah kebijakan PSBB.

Hal yang tentu menjadi pertanyaan banyak warga di Bandung Raya adalah bagaimana jika terpaksa harus beraktivitas di luar rumah, misalnya karena bekerja. Apalagi, banyak warga yang bekerja lintas wilayah, misalnya warga Kabupaten Bandung bekerja di Kota Bandung.

Tentu orang yang bekerja lintas wilayah ini akan kesulitan masuk ke wilayah lain selama PSBB. Sebab, akan ada pemeriksaan ketat di kawasan perbatasan masing-masing wilayah.

Karena itu, jika bisa dikerjakan di rumah, sebaiknya bekerja di rumah saja ya TemanBaik. Tapi, jika harus bekerja di luar rumah, ada beberapa hal yang harus kamu siapkan. Simak ulasannya yuk!



1. Siapkan Tanda Pengenal atau Surat Tugas
Saat PSBB berlangsung nanti, jangan lupa selalu membawa ID card atau tanda pengenal dari tempat kamu bekerja ya. Jika tidak ada, kamu sebaiknya meminta surat tugas dari sekarang. Jika tidak membawanya saat akan bekerja, siap-siap deh harus balik kanan alias kembali ke rumah, terutama bagi mereka yang rumah dan tempat kerjanya lintas wilayah. Jika keluar rumah demi keperluan lain, jelaskan deh pada petugas dan buktikan agar petugas mengizinkan kamu beraktivitas.

"Nanti di setiap lokasi check point (daerah perbatasan) akan ada petugas gabungan dari Dishub, Satpol PP, Dinkes, Polisi, dan TNI," kata Kadishub Kota Bandung Ricky Gustiadi.

Mumpung masih ada waktu dua hari sebelum PSBB berlaku, siapkan tanda pengenal atau surat tugas dari sekarang ya. Jangan sampai saat pelaksanaan PSBB nanti kamu justru kesulitan bekerja.

2. Memakai Masker
Ini juga jadi hal wajib selama pelaksanaan PSBB nanti. Jika kamu beraktivitas apapun di luar rumah, memakai masker adalah imbauan dari pemerintah sejak beberapa waktu lalu yang harusnya kamu taati.

Bagi kamu yang sehat, pakai masker kain ya. Apalagi, masker kain kan saat ini tergolong mudah didapatkan karena banyak dijual secara bebas. Tapi, jangan lupa perhatikan kebersihan maskernya ya, misalnya cuci dulu saat baru dibeli, cuci setelah dipakai, serta terapkan cara penggunaan dan melepas masker dengan benar.

Memakai masker sendiri harusnya jadi kebutuhan kamu demi terhindar dari tertular virus corona atau COVID-19. Jadi, kuncinya adalah memakai masker kesadaran ya. Selain itu, memakai masker juga jadi hal wajib saat PSBB nanti. Kamu akan dilarang melintasi wilayah di kawasan Bandung Raya, jika tak memakai masker.

"Kami akan bertindak tegas apabila kedapatan warga tidak memakai masker. Kita akan suruh balik kanan," tegas Ricky.

3. Sarung Tangan dan Jaket
Bagi TemanBaik yang nanti akan bepergian menggunakan kendaraan bermotor, ada aturan khusus. Kamu wajib memakai sarung tangan dan jaket atau baju lengan panjang. Sama dengan aturan masker, sarung tangan dan jaket jadi hal wajib untuk lintas wilayah. Jika tak memakainya, siap-siap disuruh balik kanan oleh petugas ya!

4. Tidak Naik Ojek Online
Bagi kamu yang terbiasa bepergian menggunakan ojek online, saat PSBB nanti beralihlah ke kendaraan umum seperti angkot atau bus. Sebab, ojek online tidak diperbolehkan mengangkut penumpang.

Sementara bagi yang memiliki sepeda motor, jangan membonceng orang yang alamatnya berbeda dengan kamu ya. Sebab, mereka yang menggunakan sepeda motor, antara pengemuda dan yang dibonceng harus beralamat sama pada KTP-nya. Jika berbeda, ya salah seorang harus turun.

Baca Ini Juga Yuk: Himpunan Humas Hotel Bandung Bikin Aksi Solidaritas Lewat Video

5. Mobil Maksimal Diisi Setengahnya
Bagi kamu yang menggunakan kendaraan roda empat atau lebih, saat PSBB nanti jangan mengisi kendaraan dengan penumpang yang banyak ya. Sebab, maksimal penggunaan roda empat atu lebih adalah hanya 50 persen alias setengah dari kapasitas tempat duduk.

Misalnya jika mobil berkapasitas empat orang, hanya diperbolehkan diisi dua orang saja. Itu pun kamu harus duduk berbeda barisan. Misalnya di depan hanya pengendara, sedangkan penumpang di kursi belakang. Posisi kamu duduk juga harus zigzag untuk menjaga jarak aman, misalnya pengendara di kursi depan sebelah kanan, kamu di kursi belakang sebelah kiri. Jangan sampai ditilang karena melangar aturan ini ya!

Perusahaan Diimbau 'Efisiensikan' Pekerja
Untuk menunjang pelaksanaan PSBB, perusahaan diimbau 'merumahkan' pekerjanya. Jika tidak bisa meliburkan, pekerja diharapkan bisa bekerja dari rumah. Jika sama sekali tak bisa bekerja di rumah, pekerja wajib diberikan tanda pengenal atau surat tugas oleh perusahaan atau tempatnya bekerja.

"Kami sudah ingatkan dan imbau semua institusi, baik pemerintah atau swasta untuk melakukan efisiensi pekerja agar work from home (bekerja dari rumah)," jelas Sekda Kota Bandung.

Pemkot Bandung sendiri sejak beberapa waktu lalu sudah mengeluarkan kebijakan agar tempat usaha ditutup sementara, misalnya tempat hiburan dan pusat perbelanjaan.

"Saat PSBB nanti tegas sanksinya, kalau masih tetap buka akan disegel tempat usahanya," kata Kepala Disdagin Kota Bandung Elly Wasliah.

Tapi, ada hal yang dikecualikan, terutama tempat yang menjual bahan pangan, misalnya supermarket, minimarket, pasar, serta tempat makan. Tempat-tempat inilah yang berpotensi pekerjanya tak bisa diliburkan.

Jangan Makan di Tempat
Khusus untuk tempat makan seperti kafe, restoran, atau tempat makan lainnya, kelonggaran diberikan untuk tetap beroperasi. Tapi, tak boleh ada pengunjung yang makan di tempat atau dine in. Kamu hanya boleh take away alias membelinya untuk dibawa. Hal ini demi menghindari adanya kerumunan massa di satu titik yang berpotensi jadi sarana penyebaran virus corona.

Kamu pun disarankan untuk memaksimalkan delivery service dari tempat penjualan makanan atau, kamu bisa menggunakan aplikasi ojek online untuk membeli makanan. Ya, hitung-hitung tetap memberdayakan pengendara ojek online juga agar mereka mendapatkan pemasukan kan.

Jika memang tak bisa, sebaiknya kamu datang sendiri, memesan, membayar, kemudian langsung meninggalkan lokasi tempat kamu membeli makanan.

Sudah tahu kan TemanBaik apa yang harus dilakukan saat pelaksanaan PSBB di Bandung Raya nanti. Yuk, taati semua aturan dan imbauan yang ada demi kemaslahatan bersama! Tetap jaga kesehatan ya, jalankan social dan physical distancing, lakukan pola hidup bersih dan sehat, serta jangan lupa berdoa demi kesehatan dan keselamatan kamu.

Foto: dok. Humas Kota Bandung
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler