Menyaksikan Aktivitas Satwa di Kebun Binatang Bali Secara Daring

Denpasar - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Bali meluncurkan program siaran langsung satwa yang ada di sejumlah Lembaga Konservasi atau Kebun Binatang di Bali. Program yang dinamai 'One Day One Hour Live Instagram With BKSDA Bali' ini dilangsungkan hingga Kamis (30/4/2020) besok.

Buat TemanBaik yang rindu melihat aktivitas satwa bisa melihat siaran langsungnya melalui laman Instagram Balai KSDA Bali. Mereka secara rutin mengunjungi sembilan Lembaga Konservasi di Bali untuk mengecek kondisi kesehatan dan kesejahteraan satwa di dalamnya.

"Ini sebenarnya kegiatan monitoring rutin kami. Namun kali ini disiarkan langsung agar ada interaksi dengan masyarakat yang juga rindu berjumpa dengan satwa," tutur Kepala Balai KSDA Bali, R. Agus Budi Santosa kepada BeritaBaik, Rabu (29/4/2020).


Baca Ini Juga Yuk: Rangku Alu, Permainan dan Tarian untuk Melatih Konsentrasi

Satwa yang mereka kunjungi adalah koleksi Bali Zoo, Bakas, Bali Bird Park, Rimba Reptil, Taro, Taman Safari, Taman Benoa Eksotik, Kasianan, dan Taman Kupu-kupu. Lewat program ini Balai KSDA Bali berupaya memberikan informasi aktual terkait kondisi mereka di tengah pandemi Covid-19.

"Meskipun situasinya seperti ini, kesejahteraan dan perawatan satwa tetap menjadi prioritas utama sesuai prinsip-prinsip animal welfare," sambung Santosa.

Prinsip-prinsip yang dimaksudkan antara lain ketercukupan pakan dan makanan tambahan, pergerakan satwa, pemenuhan standar kandang, serta fasilitas karantina dan klinik satwa sesuai dengan standar.

Aspek lain yang diperhatikan adalah kegiatan exercise bagi para satwa. "Selama ini kegiatan olahraga itu dibalut dengan kegiatan pengunjung yang datang. Dengan tidak adanya pengunjung saat ini, kami harus memastikan petugas tetap melakukannya," ujar dia.

Selain itu, petugas yang berhubungan langsung dengan pemeliharaan satwa juga perlu memperhatikan protokol kesehatan sesuai standar Kementerian Kesehatan dan World Animal Health Organization (WAHO). Pasalnya beberapa spesies satwa disebut sangat rentan terhadap virus Covid-19.

Foto: dok. BKSDA

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler