Ganjar Pranowo Jadi Endorser Gratisan

Semarang - TemanBaik, kenal kan dengan sosok Ganjar Pranowo? Ya, beliau adalah Gubernur Jawa Tengah. Sama dengan kepala daerah lainnya di Indonesia, Ganjar kini juga sedang disibukkan dalam menangani pandemi virus corona atau COVID-19 di wilayahnya.

Tapi, ada hal menarik lain dari sosok Ganjar di balik pandemi ini. Ia menjadi 'endorser gratisan' untuk berbagai produk. Ia kerap kali mempromosikan barang hingga makanan di media sosialnya, terutama melalui akun Twitter. Semuanya adalah produk hasil pengusaha lokal Jawa Tengah, terutama yang berskala kecil dan menengah.

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memberikan testimoni tentang produk yang dibelinya. Contoh cara ini dilakukan saat ia membeli produk sambal. Ia pun mengajak warga untuk memborong produk tersebut.

Ganjar mengatakan, apa yang dilakukannya adalah sebagai bentuk saling membantu di tengah pandemi. Tujuan besarnya, ia ingin pelaku usaha, terutama usaha kecil dan menengah, bisa terus berjalan serta bertahan.

"Sebenarnya saya hanya ingin mendorong, ayo kita berjualan dan ayo kita membeli dari tetangga atau orang-orang terdekat dan mereka yang membutuhkan. Di tengah wabah COVID-19 ini, banyak orang kesusahan dan mencoba bertahan dengan jualan kecil-kecilan. Maka saya ingin bantu memasarkan dan mengharapkan masyarakat membantu dengan membeli," kata Ganjar di laman resmi Pemprov Jawa Tengah.

Baca Ini Juga Yuk: Mengenal Owa Jawa dan Kesetiaannya pada Pasangan

Bagi Ganjar, media sosial memang dianggap punya manfaat tersendiri. Saat dimanfaatkan secara positif, hasil yang didapatkan juga bisa positif. Apalagi, akun media sosial milik Ganjar memiliki banyak pengikut.

"Medsos itu bagus, jangkauannya besar. Apalagi sekarang mereka tidak bisa dagang langsung, ketemu sama masyarakat. Maka, media online ini bisa dipakai," tuturnya.

Hingga kini, apa yang dilakukan Ganjar menuai tanggapan positif. Bahkan, semakin banyak pelaku usaha yang meminta bantuan jasa Ganjar untuk dipromosikan produknya secara gratis.

"Ada buah-buahan, madu, jamu, teri nasi, oseng-oseng, sambel, peyek, es campur, dan banyak lagi produk lainnya. Pokoknya kalau ada masyarakat mention saya di medsos, 'pak, saya jualan ini pak', ya saya beli. Sambil tentu saya bantu pasarkan lewat postingan," ucapnya.

Manfaat dari promosi yang dilakukan Ganjar di media sosialnya dirasakan Aniek Kurnia (52). Warga Rembang yang memiliki produk makanan teri nasi itu. Aniek mengunggah dan menawarkan produknya di media sosial milik Ganjar.

"Enggak nyangka Pak Ganjar langsung borong. Selain itu, Pak Ganjar juga memposting ikan teri saya di media sosialnya. Akhirnya banyak yang tanya dan beli. Senang banget, alhamdulillah berkat bantuan Pak Ganjar, sekarang pesanan terus mengalir. Jadi berkah," tutur Aniek.

Foto: dok. jatengprov.go.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler