Ini Bedanya Daging Sapi, Babi, dan Celeng

Bandung - TemanBaik, sudah tahu belum perbedaan antara daging sapi, babi, dan celeng? Simak ulasannya yuk agar kamu tak dikelabui pedagang nakal, misalnya menjual daging sapi, tapi justru itu adalah daging babi atau celeng.

Bagi umat muslim, hal ini sangat penting. Sebab, daging babi dan celeng tak boleh dimakan. Namun, bagi warga non muslim juga penting mengingat mereka pasti tak mau tertipu membeli daging A tapi dikelabui sehingga membeli daging B.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung Gin Gin Ginanjar mengatakan ada beberapa cara untuk mendeteksi apakah yang dijual itu daging sapi, babi, atau celeng. Pertama adalah dari segi harga.

"Imbauan untuk masyarakat, jangan tergoda dengan harga murah yang di bawah standar," kata Gin Gin.

Sebagai gambaran, harga daging sapi di Kota Bandung saat ini berkisar Rp110.000-120.000. Sedangkan dalam kondisi beku harganya antara Rp80.000-90.000. Jika harga yang dijual jauh lebih murah dari itu, apalagi jika perbedaannya drastis, kamu patut waspada.


                                                                         Foto: dok. Dispangtan Kota Bandung 

Baca Ini Juga Yuk: Ini Langkah Malang Raya Jalani PSBB Usai Direstui Menkes

Langkah berikutnya adalah mengenal perbedaan ketiga jenis daging tersebut. Apa saja bedanya?

1. Daging Sapi
Daging ini berwarna merah tua, memiliki serat daging yang kasar dan rapat, bertekstur kenyal, lemak dagingnya tebal dan keras, serta aroma khas bau sapi.

2. Daging Babi
Secara umum, daging babi berwarna merah pucat, serat dagingnya halus renggang, teksturnya lunak, lemak dagingnya tebal dan lunak, dan beraroma amis.

3. Daging Celeng
Daging ini memiliki warna merah muda, serat dagingnya agak kasar, teksturnya lunak, lemak dagingnya tipis, serta aromanya amis dan anyir.

Sudah tahu kan TemanBaik bedanya ketiga daging tersebut? Lebih cermat lagi agar tak tertipu ya. Sebab, berkaca dari pengalaman, kerap ada saja oknum pedagang nakal yang mengelabui konsumen, yaitu menjual daging babi atau celeng tapi diklaim sebagai daging sapi. Contohnya di Kabupaten Bandung baru-baru ini yang kasusnya kini ditangani kepolisian.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Jason Jarrach
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler