Tak Hanya Manusia, Beberapa Hewan Ini Kuat Berpuasa Loh!

Bandung - TemanBaik, ternyata bukan hanya manusia yang bisa berpuasa, hewan juga bisa loh. Bahkan, beberapa hewan ada yang kuat berpuasa sampai beberapa tahun. Simak ulasannya yuk!

Dilansir dari laman resmi Taman Safari Indonesia, beberapa hewan memang terbiasa berpuasa dengan tujuan masing-masing. Tapi, yang jelas secara kekuatan, kemampuan hewan berpuasa sangat hebat.

1. Unta
Hewan yang hidup di daerah panas dan gersang ini memiliki daya tahan yang luar biasa dalam menahan rasa haus dan lapar. Tebak berapa lama unta mampu berpuasa? Jawabannya adalah 40 hari, iya 40 hari.

Kok bisa ya selama itu menahan haus dan lapar? Kemampuan ini berkat adanya cadangan energi berupa lemak di punuknya. Uniknya, lemak ini bisa berubah menjadi air dengan bantuan oksigen. Kemampuan unik ini hanya mampu dilakukan hewan loh.

2. Beruang
Hewan ini memiliki kemampuan berpuasa hingga 10 minggu. Bahkan, bagi beruang kutub, saat berhibernasi pada musim dingin, mereka bisa berpuasa hingga enam bulan loh.

Setelah musim dingin ekstrem selesai, termasuk hibernasinya, beruang akan keluar dari sarang dan langsung berburu makanan. Terbayang enggak bagaimana laparnya beruang setelah enggak makan dan minum selama enam bulan?


3. Penguin
Hewan yang bikin gemes ini ternyata punya kemampuan berpuasa cukup lama, yaitu empat bulan. Biasanya ini dilakukan saat cuaca dingin ekstrem yang membuat mereka lebih aman berdiam diri di sarang.

4. Ular
TemanBaik tahu kan jika ular butuh waktu berhari-hari untuk mencerna makanan yang disantapnya? Tapi, tahu enggak waktu paling lama yang dibutuhkan ular untuk berpuasa?

Di tempat bersuhu dingin, ular bisa menahan rasa lapar dan hausnya selama 12 bulan alias setahun. Ular sendiri tergolong hewan yang rajin atau rutin berpuasa. Sebelum berpuasa, ular akan makan untuk menyiapkan cadangan makanan di perutnya. Jika manusia, proses ini adalah makan sahur.

5. Ulat
Ini nih hewan yang mengalami perubahan unik setelah berpuasa. Ulat biasanya akan berpuasa selama 14-16 hari selama menjadi kepompong.

Tapi, proses berpuasa itu terbayar indah. Sebab, ulat akan menjadi kupu-kupu setelah proses menjadi kepompong selesai. Setelah menjadi kupu-kupu, ulat bisa terbang ke mana-mana sesuai keinginannya.

6. Ayam
Ayam ternyata juga berpuasa loh, terutama ayam betina. Mereka biasanya berpuasa saat mengerami telurnya. Dengan cara itu, suhu tubuh akan naik dan bermanfaat untuk proses pengeraman telur hingga menetas dengan sempurna. Puasa ini bisa dibilang jadi kebiasaan rutin ayam betina setiap sehabis bertelur.

7. Hiu Putih
Hiu yang merupakan hewan ganas di lautan ini ternyata juga berpuasa. Hebatnya, kemampuan berpuasa hiu putih bahkan bisa mencapai 2 tahun. Tujuan hiu putih berpuasa adalah untuk menjaga tubuhnya tetap lincah agar mudah memburu mangsa.

Nah, di luar hewan-hewan di atas, masih ada beberapa hewan lainnya yang kuat dalam urusan puasa. Ada buaya yang bisa menahan lapar hingga tiga tahun dan kura-kura Galapapos selama satu tahun.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Robert Metz
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler