Gerakan ASN Purwakarta Bantu Atasi Dampak COVID-19

Purwakarta - TemanBaik, berbagai pihak saat ini terus melakukan #AksiBaik di tengah pandemi virus corona atau COVID-19 yang belum berakhir. Bahkan, ragam gerakan terus bermunculan, termasuk semakin banyak yang terlibat.

Salah satu gerakan atau #AksiBaik itu datang dari para aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Purwakarta. Seperti apa ya gerakan mereka? Simak ulasannya yuk!

Dalam kegiatan halal bihalal daring yang dilakukan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika bersama jajaran Pemkab Purwakarta pada Selasa (26/5/2020), muncul ide baik. Mereka yang hadir dalam halal bihalal itu sepakat untuk membantu mengatasi dampak COVID-19 di luar yang sudah dilakukan selama ini.

Para ASN sepakat uang tunjangan kerja dinamis (TKD) akan disisihkan minimal Rp100 ribu. Uang yang terkumpul nantinya akan disalurkan bagi mereka yang membutuhkan, terutama yang terdampak COVID-19. Itu merupakan gagasan baru yang sebelumnya tidak dilakukan.

"Sudah disepakati bersama. Jadi, uang yang terkumpul dari bantuan ASN ini akan dibelanjakan sembako. Target kami bisa menyiapkan 6 ribu paket sembako untuk masyarakat yang terdampak COVID-19 tapi belum mendapat bantuan," kata Anne dalam keterangan resminya.


Untuk sasaran pemberian bantuan, ada tiga kategori yang difokuskan. Mereka adalah dari kalangan jompo, penyandang disabilitas, dan anak yatim. Kegiatan ini pun bakal berlangsung cukup lama.

"Bakti sosial ASN ini kita lakukan hingga akhir tahun. Semoga bantuan ini bisa turut membantu mereka yang terdampak COVID-19," ucap Anne.

Dalam pelaksanaan baksi sosial ini, uniknya setiap dinas atu instansi akan memiliki tanggung jawab masing-masing. Setiap dinas akan mengoordinir sumbangan dari para ASN-nya. Dengan cara itu, bantuan yang terkumpul diharapkan bakal lebih efektif.

Sementara secara umum, Anne mengatakan sejauh ini Pemkab Purwakarta bersama berbagai pihak terus melakukan penanggulangan pandemi COVID-19 dengan beragam cara. Tak ada rasa lelah untuk menjalankannya.

"Alhamdulillah, sejauh ini kami dari pemerintahan terus berjibaku untuk melakukan serangkaian upaya penanggulangan dampak dari penyebaran COVID-19 di wilayah kami," jelasnya.

Komitmen di internal Pemkab Purwakarta menurutnya juga sangat kuat. Bahkan, komitmen kuat itu juga sampai pada tingkat desa dan kelurahan. Anne pun berharap, semua pihak juga tak lelah untuk sama-sama bergerak dan saling membantu di tengah pandemi COVID-19.

Foto: dok. Diskominfo Kabupaten Purwakarta
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler