Mojang Satpol, Pengingat Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Bandung - TemanBaik, dalam masa kenormalan baru ini, sejumlah protokol kesehatan menjadi bagian wajib dari kegiatan masyarakat. Nah, kehadiran Mojang Satpol ini adalah pengingat agar bagian wajib ini selalu diterapkan.

Beritabaik.id punya kesempatan untuk berbincang dengan salah satu rombongan regu Mojang Satpol Kota Bandung yang sedang berpatroli di kawasan Alun-alun Kota Bandung. Para Mojang Satpol yang merupakan anggota bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) di Satpol PP Kota Bandung ini menceritakan keseruan dan tantangan yang mereka hadapi selama menjalankan tugas.

"Kita lakukan pendekatan kepada masyarakat untuk mematuhi anjuran pemerintah terkait penerapan protokol kesehatan," ujar Yani April Yanti, salah satu perwakilan anggota regu Mojang Satpol kepada Beritabaik.id, Jum’at (19/6/2020).


Pengingat Masyarakat
Sejak memasuki fase transisi menuju era kenormalan baru, sejumlah pusat keramaian publik di Kota Bandung secara perlahan mulai diramaikan kembali oleh kegiatan masyarakat. Tak terkecuali di kawasan Alun-alun Bandung. Wilayah yang pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terpantau ini sangat sepi ini sekarang mulai dihiasi kembali oleh kegiatan masyarakat.

Kendati sebagian besar aktivitas warga mulai berangsur normal, namun beberapa protokol kesehatan harus tetap dipatuhi, seperti mengenakan masker, menjaga jarak fisik dan senantiasa membersihkan tangan.

"Kita di lapangan senantiasa mengingatkan masyarakat yang sedang beraktivitas di area publik agar tetap mematuhi protokol kesehatan," ujar Yani.

Baca Ini Juga Yuk: Menengok Suasana Mal di Bandung yang Kembali Beroperasi

Berjaga dan Berkeliling
Selama bertugas di kawasan Alun-alun Bandung, satu regu Mojang Satpol ini diisi oleh 16 anggota regu. 16 anggota tersebut kemudian dibagi tugas untuk berjaga di 6 titik. Sesekali, mereka berkeliling dan mengingatkan warga yang beraktivitas di sekitar Alun-alun Bandung dengan menggunakan pengeras suara.

Setelah melaksanakan apel pagi yang dimulai pukul 07.45 WIB, mereka mulai menjalankan tugas dan berjaga di pos masing-masing. Tugas ini mereka lakukan hingga pukul 16.00 WIB.

"Jumlah anggota yang jaga di Alun-alun hari ini sih lebih sedikit, karena sebagian kan dipecah untuk tugas juga di Masjid Al-Ukhuwah," kata Yani.


Masyarakat yang Taat
Selama menjalankan tugas di tengah kenormalan baru, Yani menyebut kesadaran masyarakat akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan sudah mulai terbangun. Sekalipun masih dijumpai pelanggaran-pelanggaran, namun ia mengaku para warga masih memahami saat ia dan anggota regu menghampiri dan memberikan peringatan.

"Karena tantangannya ya di situ. Mungkin sebagian orang kan ya, ada aja yang merasa risih kalau diperingatkan. Tapi biar begitu juga masyarakatnya udah mulai ngerti. Mereka pakai masker dan tetep jaga jarak," jelas Yanti.

Fasilitas yang disediakan oleh pemerintah setempat terkait penerapan protokol kesehatan juga nampak dimanfaatkan oleh masyarakat. Sebut saja keberadaan hand sanitizer di beberapa titik kawasan Alun-alun Bandung yang dihampiri warga yang sedang beraktivitas untuk membersihkan tangannya.

Tetap Bekerja di Tengah Pandemi
Saat sebagian orang banyak yang memiliki kesempatan untuk bekerja dari rumah alias work from home selama masa pandemi korona, namun hal tersebut tak berlaku bagi para anggota Mojang Satpol. Sejak diberlakukannya kebijakan social distancing, psychal distancing, Pembatasan Sosial Berskala Besar hingga kini masuk era kenormalan baru, mereka tetap siaga bertugas di lapangan.

"Sejak awal ada pengumuman korona, kita langsung mendapat arahan untuk stand by," terangnya.

Sebagai pamungkas, Yani mewakili anggota regu Mojang Satpol lainnya mengajak kita untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di masa kenormalan baru ini. Lebih lanjut, ia mengimbau juga kepada masyarakat yang masih memiliki kesempatan untuk tetap beraktivitas dari rumah agar tetap #DiRumahAja.

"Enggak apa-apa kalau mau aktivitas di luar rumah juga. Tapi tolong, yuk minimal kita pakai masker, jaga jarak, cuci tangan. Itu penting banget," ajaknya.

TemanBaik, kegigihan para Mojang Satpol dalam mengingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan idealnya bisa dijadikan cermin diri bagi kita untuk mematuhi anjuran dan regulasi yang sudah ditetapkan. Yuk, mulai kenormalan baru ini dengan saling menjaga. Sehat selalu ya!

Foto: Rayhadi Shadiq/beritabaik.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler