Layanan Lumbung Pangan Jatim Diperluas Hingga Malang Raya

Malang - TemanBaik, ada kabar gembira khususnya untuk kamu yang berada di wilayah Malang Raya. Mulai pekan ini, layanan lumbung pangan Jawa Timur (Jatim) bisa dinikmati warga Malang Raya yang meliputi Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu.

Melalui lumbung pangan Jatim, masyarakat Malang Raya bisa menikmati layanan belanja daring sembako murah di bawah harga pasar, lengkap dengan layanan gratis ongkir.

Masyarakat Malang Raya bisa memanfaatkan layanan belanja daring ini melalui website https://lumbungpanganjatim.com, dengan pembayaran lewat bank yang telah ditunjuk.

Selain itu, warga juga bisa memesan dengan sistem bayar di tempat (COD) melalui WhatsApp di nomor 0811-334-0033. Kedua sistem belanja ini gratis biaya pengiriman hingga ke alamat pemesan loh, TemanBaik.

Perluasan layanan ini, menurut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, sekaligus sebagai edukasi masyarakat untuk beradaptasi di era kenormal baru.

Baca Ini Juga Yuk: Dua Kampus di Malang Bakal Gelar Ospek secara Daring

Dengan layanan yang dihadirkan lumbung pangan Jatim, belanja bahan pokok yang murah bisa dilakukan dari rumah saja tanpa harus bertemu langsung, cukup dengan memanfaatkan teknologi yang ada, baik melalui situs web ataupun aplikasi WhatsApp.

"Di era kenormalan baru ini, kita ingin agar masyarakat bisa mendapatkan akses sembako murah dan melimpah cukup dari rumah saja. Bahkan, kalau bisa kita juga ingin agar semangat Lumbung Pangan Jatim ini juga bisa ditiru oleh pelaku usaha yang lain," ucap Gubernur Khofifkah, belum lama ini.

Meski demikian, outlet offline lumbung pangan Jatim belum tersedia di wilayah Malang Raya. Jadi, untuk sementara, pemesanan belanja sembako murah akan dikirimkan langsung dari Jatim Expo Surabaya menuju Malang Raya menggunakan jasa pengiriman PT Pos Indonesia.

Akan tetapi, jika nantinya pemesanan sudah meningkat, maka Lumbung Pangan Jatim siap menghadirkan warehouse (gudang) di Malang Raya.

"Sejak akhir minggu kemarin, uji coba Lumbung Pangan di Malang Raya sudah kami lakukan. Malang Raya menjadi sasaran perluasan karena tim kami sempat survei di media sosial ternyata yang banyak permintaan adalah di Malang Raya," terang Khofifah.

Sama dengan sistem yang diberlakukan di wilayah lain seperti Surabaya Raya, Kabupaten/Kota Pasuruan, Kabupaten/Kota Mojokerto dan Kabupaten Bangkalan, di Malang Raya juga berlaku sistem minimal pembelian.

Pemesanan sembako murah tersebut bisa dilakukan dengan minimal pembelian Rp60 ribu, dan maksimal berat pembelanjaan adalah 20 kilogram.

Karena belum ada gudang, maka pemesanan sembako murah di luar Surabaya Raya hanya diperbolehkan untuk jenis belanjaan non-frozen food.

"Kami berharap fasilitas Lumbung Pangan Jatim ini akan membantu masyarakat dalam beradaptasi di era kenormalan baru. Tentunya kami berharap masyarakat termudahkan aksesnya pada bahan pangan murah dengan ketersediaan yang sangat cukup. Saya kembali ingatkan jangan ada aksi memborong,"ucap Khofifah.

Sebagai info, dari data yang ada, sejak dibuka 21 April 2020 hingga tanggal 27 Juni 2020, transaksi penjualan Lumbung Pangan Jatim untuk 15 item bahan pangan di Lumbung Pangan Jatim sudah tembus Rp7 miliar.

Selain itu, lumbung Pangan Jatim juga baru saja dinobatkan sebagai Pasar Modern Terbaik tingkat nasional yang paling baik menyambut tatanan baru di tengah pandemi COVID-19 oleh Kementerian Dalam Negeri RI.

Foto: dok. Biro Humas Jatim

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler