Pipa Transmisi Pecah, PDAM Bandung Beri Pelanggan Kompensasi

Bandung - TemanBaik, peristiwa tak mengenakkan terjadi pada Minggu (28/6/2020). Pipa transmisi air baku PDAM Tirtawening Kota Bandung yang berlokasi di kawasan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung, pecah.

Bagian yang pecah adalah aksesoris transmisi Cisangkuy lama, yaitu pipa cast iron dan steel berdiameter 900 milimeter. Akibatnya, pipa itu untuk sementara tak bisa menyalurkan air sebanyak 700 liter/detik seperti biasanya.

Proses perbaikan pun sedang dikerjakan PDAM sejak pipa meledak dan diperkirakan selesai dalam kurun tiga hari. Untuk mengantisipasi aliran air kepada pelanggan agar tetap terjaga, PDAM menggunakan pasokan air baku dari Intake Dago Bengkok dan Intake Sabuga. Sehingga, kebutuhan baku 400 liter/detik bisa dilakukan.

PDAM juga melakukan langkah lain agar pasokan air baku kepada pelanggan tetap terjaga. Sehingga, konsumen bisa tetap mendapatkan air meski ada kendala kerusakan teknis.

"Untuk mengantisipasi atas terjadinya ganggugan tersebut, PDAM Tirtawening Kota Bandung menyiagakan truk tangki air minum (TAM) untuk membantu suplai air sebagai antisipasi selama proses distribusi terganggu," kata Dirut PDAM Tirtawening Kota Bandung Sony Salimi dalam keterangan resminya.




Untuk mendapatkan layanan tersebut, pelanggan yang terdampak tinggal menghubungi PDAM melalui Kantor Tangki Air Minum. Syaratnya, jumlah pelanggan minimal ada 10 orang dan dikoordinir. Sedangkan nantinya air dari tangki ditampung di tempat air sendiri, misalnya ember. Layanan ini pun gratis sebagai bentuk kompensasi kepada pelanggan terdampak.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya dan kami tidak pernah lelah untuk berikhtiar untuk pelanggan setia kami. Mohon doa restu (perbaikan pipa selesai secepatnya)," ungkap Sony.

Wilayah Pelanggan Terdampak
Cukup banyak pelanggan PDAM yang pasokan airnya terhambat akibat meledaknya pipa tersebut. Di pelayanan wilayah timur misalnya, daerah terdampak di antaranya kawasan Cihapit, Citarum, Antapani, Batununggal, hingga Cisaranten Kidul.

Di pelayanan wilayah barat, beberapa di antaranya adalah kawasan Babakan Ciamis, Babakan Ciparay, Balonggede, Cibaduyut, Jamika, Panjunan, hingga Sukahaji.

Jika TemanBaik, khususnya pelanggan PDAM Tirtawening, mengalami gangguan pasokan air baku dan membutuhkan suplai air melalui mobil tangki, kamu bisa menghubungi nomor di bawah ini:

Wilayah pelayanan timur 022 7204227
Wilayah pelayanan barat 022 6016471
Kantor pelayanan tangki air minum 022 2507993 dan 087779726506

Foto: Perbaikan Pipa PDAM yang Meledak/dok. PDAM Tirtawening

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler