Pemkot Malang Siapkan Rp3 Miliar untuk Beasiswa

Malang - Kabar bahagia hadir untuk para pelajar dan mahasiswa asal Malang. Pasalnya, Pemerintah Kota Malang telah menyiapkan anggaran sebesar Rp3 miliar khusus untuk program beasiswa.

Program yang dibuat sebagai apresiasi pelajar dan mahasiswa yang berprestasi tersebut diperuntukkan bagi siswa dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas, serta mahasiswa di perguruan tinggi.

"Total anggaran yang kami siapkan kurang lebih Rp3 miliar, namun beasiswa tersebut untuk saat ini hanya diberikan kepada pelajar dan mahasiswa berprestasi yang kurang mampu," ungkap Sutiaji, usai penyerahan beasiswa secara simbolis di halaman Balai Kota Malang, belum lama ini.

Sutiaji mengatakan, beasiswa tersebut akan disalurkan dalam bentuk uang tunai yang ditransfer langsung ke rekening masing-masing penerima.

Pada tahap awal, beasiswa tersebut akan ditargetkan untuk 481 pelajar dan mahasiswa. Penerima beasiswa jenjang SD dan sederajat ada 100 siswa, SMP sederajat 100 siswa, SMA 100 siswa, SMK 100 siswa, dan perguruan tinggi 81 mahasiswa, baik yang menempuh pendidikan tinggi di Kota Malang maupun di luar Malang.

Baca Ini Juga Yuk: Inovasi Polda Jabar, Bikin RHK ala 'Moto GP'

Sutiaji menambahkan, beasiswa yang diberikan nominalnya akan variatif, disesuaikan jenjang pendidikan yang ditempuh masing-masing penerima.

Untuk jenjang SD beasiswa yang diterima sebesar Rp220 ribu per bulan, SMP Rp330 ribu per bulan, SMA dan SMK Rp 440 ribu per bulan.

Lalu untuk mahasiswa yang berkuliah di Kota Malang akan mendapatkan beasiswa Rp600 ribu per bulan dan sementara yang kuliah di luar Kota Malang akan mendapatkan Rp900 ribu per bulan.

"Besaran biayanya yang kuliah di Kota Malang dan luar Kota Malang memang beda, karena disesuaikan dengan biaya hidup di daerah mahasiswa menempuh pendidikan tingginya," ujar pria berkacamata tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, Zubaidah menambahkan, beasiswa tersebut akan diberikan maksimal sampai penerimanya lulus.

Namun, ada syaratnya, TemanBaik. Siswa atau mahasiswa yang bersangkutan harus terus mempertahankan dan meningkatkan prestasinya selama masa studi.

"Akan kami evaluasi setiap bulan. Jika diberi beasiswa tapi ada kemerosotan prestasi, beasiswa akan diberikan ke siswa yang lain," pungkasnya.

Foto: dok. Humas Pemkot Malang

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler