Persiapan Piala Dunia U-20, Timnas U-19 ke Kroasia Hari Ini

Jakarta - TemanBaik, tahu kan jika Piala Dunia U-20 akan digelar pada 2021 mendatang di Indonesia? Sebagai tuan rumah, Indonesia sedang mempersiapkan Tim Nasional (Timnas) U-19. Intip persiapannya, yuk!

Timnas U-19 yang dilatih Shin Tae-Yong sejak beberapa waktu lalu melakukan training center (TC) atau pemusatan latihan di Stadion Madya, Jakarta. Seleksi ketat dilakukan. Berbagai metode latihan keras juga diberikan

Hingga akhirnya, terpilih 30 nama dari berbagai klub. Mereka kemudian akan pergi ke Kroasia pada Sabtu (29/8/2020) ini. Di sana, mereka akan menjalani pemusatan latihan sekaligus mengikuti melakukan uji tanding dalam kurun 2-11 September 2020.

"Mereka di Kroasia kurang lebih satu bulan, akan ada beberapa pertandingan persahabatan dengan Bulgaria, Kroasia, Arab Saudi, dan beberapa uji coba lainnya," kata Ketum PSSI Mochamad Iriawan di laman resmi PSSI.

Kroasia sengaja dipilih sebagai tempat pemusatan latihan. Sebab, Kroasia merupakan salah satu negara terbaik di peringkat FIFA, yaitu di posisi keenam.

Selain itu, di Kroasia, pemain tidak harus menjalani karantina. Suhu di sana juga tergolong ideal untuk pemain, yaitu berkisar antara 19-23 derajats elsius.



Baca Ini Juga Yuk: Cerita Ridwan Kamil Setelah Disuntik Vaksin COVID-19

Selain di Kroasia, tim juga dipersiapkan untuk berlaga di ajang Piala AFC U-19 di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020. Namun, jika Piala AFC batal digelar karena pandemi, Timnas akan mengalihkan rencana. Skuat akan dibawa melakukan pemusatan latihan dengan opsi di Turki, Portugal, atau Spanyol.

Dengan uji tanding yang ada, skuat 'Garuda Muda' diharapkan semakin tangguh. Sehingga, tim semakin matang saat tampil di Piala Dunia U-20 mendatang.

"TC di Kroasia ini kami harap bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pemain. Mereka harus bekerja keras dan terus bersemangat demi torehan positif di Piala AFC U-19 dan tentunya Piala Dunia U-20," ungkap Iriawan.

Bekal Besar Timnas U-19
Pelatih Shin Tae-Yong pun mengungkap kondisi terkini para pemain pilihannya. Secara umum, ada progres positif yang diperlihatkan mereka setelah menjalani TC di Jakarta. Apalagi, selama TC itu, para pemain menjalani latihan sehari tiga kali.

"Jadi, fisik, stamina, dan mental pemain meningkat. Itu sangat bagus sekali dan pemain terlihat kemauannya," ujar Shin Tae Yong.

Hal itu jadi modal besar bagi Timnas U-19 dalam mengarungi Piala AFC dan Piala Dunia nantinya. Namun, hal itu dirasa belum cukup. Ia merasa perlu meningkatkan performa anak asuhnya melalui pemusatan latihan di luar negeri dan menjalani beberapa uji coba.

"Jadi, secara psikologis akan bagus untuk anak-anak karena pertama kali kami TC di Eropa dan melawan tim yang lebih kuat dibanding kami. Tapi, saya yakin ada peningkatan dari pemain-pemain setelah laga uji coba nanti," jelas Shin Ate Yong.

Secara khusus, pelatih asal Korea Selatan itu pun mengucapkan terima kasih kepada PSSI. Sebab, pihaknya mendapat dukungan penuh untuk membentuk 'Garuda Muda' menjadi tim yang tangguh.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum PSSI yang selalu mendukung penuh program Timnas U-19," tutur Shin Tae-Yong.

Selamat berlatih ya, Timnas U-19! Semoga apa yang dilakukan bisa berbuah manis dan menghasilkan prestasi membanggakan bagi Indonesia.

Foto: Timnas U-19 /dok.PSSI
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler