Bantu Teman Netra Berjalan, 'Pinjamkan' Lengan atau Bahu?

Bandung - TemanBaik, jika kamu tergerak membantu teman netra berjalan, ada cara khusus yang perlu dilakukan. Jika belum tahu, simak ulasannya, yuk!

Biasanya, untuk membantu teman netra berjalan, kamu sebaiknya mempersilakan mereka memegang pundah atau lengan. Setelah itu, yang membantu akan berjalan dan diikuti teman netra. Namun, mana yang tepat, teman netra dipersilakan memegang bahu atau pundak?

Ini tergantung pada situasi. Jadi, enggak mutlak membantu mereka hanya dengan bahu atau lengan saja. Dalam kondisi seperti apa bahu atau lengan ini disarankan dipegang teman netra?

Untuk bahu, kamu bisa mempersilakannya dipegang saat berada di area atau jalan yang sempit. Sehingga, posisi teman netra akan berada di belakang dengan satu atau dua tangan yang memegang bahu.

"Kalau jalannya kecil, posisikan sejajar ke belakang dengan (teman netra) yang membutuhkan bantuan," kata pegiat disabilitas HAM Bandung Raya Aden Achmad kepada BeritaBaik.id.

Hal ini contohnya bisa kamu terapkan jika berjalan di trotoar yang relatif sempit. Sehingga, ini akan meminimalisir teman netra tersandung benda di sekitarnya.

Baca Ini Juga Yuk: Yuk! Berbuat Baik Lewat #RaziaOrangLapar

Sedangkan untuk lengan, kamu disarankan mempersilakannya dipegang jika berada di area yang lebih luas. Dengan begini, kamu akan berjalan berdampingan. Hal ini bisa kamu lakukan misalnya jika membantu teman netra menyeberang.

Saat menyeberang, kamu bisa memosisikan teman netra di sebelah kiri atau kanan sambil memegang lengan. Ketika menyeberang, kamu bisa sambil memberi aba-aba pada kendaraan yang melintas.

Jika kendaraan melintas dari arah kananmu, sebaiknya posisikan teman netra di sebelah kiri. Sehingga, sambil menyeberang, kamu bisa melindungi teman netra dan tangan kanan bisa digunakan untuk memberi aba-aba pada kendaraan yang melintas. Begitu juga sebaliknya, jika kendaraan melintas dari arah kanan, kamu disarankan menempatkan teman netra di sebelah kirimu.

Namun, yang perlu kamu perhatikan, sebelum membantu sebaiknya bertanya pada teman netra apakah membutuhkan bantuan atau tidak. Jangan ragu-ragu untuk bertanya. Sebab, jika kamu tiba-tiba membantu tanpa bertanya, hal ini bisa membuat teman netra kaget atau bahkan tersinggung.

Jangan lupa juga berjalanlah secara perlahan ya demi meminimalisir teman netra terjatuh. Selain itu, beri tahu jika di depan jalan yang akan dilintasi itu terdapat lubang, tangga, atau benda lainnya.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Rene Bohmer

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler