Yuk! Waspadai Hujan Intensitas Tinggi hingga Sabtu Ini

Bandung - TemanBaik, tingkatkan kewaspadaanmu ya hingga Sabtu (24/10/2020) ini. Sebab, ada potensi terjadi hujan dengan intensitas tinggi di berbagai wilayah di Indonesia.

Seperti diketahui, belum lama ini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah merilis bahwa saat ini sedang terjadi fenomena La Nina di Samudera Pasifik dengan intensitas moderate atau sedang. Apa dampaknya?

La Nina ini berpotensi meningkatkan jumlah curah hujan di sebagian wilayah Indonesia. Meski begitu, curah hujan itu tidak seragam karena tergantung pada musim, wilayah, dan kekuatan La Nina itu sendiri.

Selain La Nina, ada faktor lain yang membuat potensi hujan menjadi sangat terbuka. Sebab, saat ini ada penjalaran gelombang atmosfer ekuator dari barat ke timur berupa Madden Julian Oscillation (MJO) dan Kelvin, atau dari timur ke barat berupa gelombang Rossby.

"Aktivitas La Nina dan MJO pada saat yang bersamaan ini dapat berkontribusi signifikan terhadap pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto.

Baca Ini Juga Yuk: Intip Keseruan Budidaya Tanaman Hias di Pesantren Mahad Toyyiba

Menilik kondisi tersebut, BMKG memperkirakan akan terjadi peningkatan curah hujan selama satu pekan, terhitung 18-24 Oktober 2020. Curah hujan pun akan terjadi dengan intensitas lebat atau tinggi. Selain itu, hujan juga berpotensi disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Karena itu, Guswanto mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan. Sebab, dalam kondisi cuaca ekstrem seperti itu, potensi bencana menjadi lebih terbuka.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan dari kondisi cuaca ekstrem seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," tutur Guswanto.

BMKG sendiri terus menginformasikan kondisi terkini dan prakiraan cuaca melalui berbagai akses selama 24 jam. Kamu bisa melihatnya di laman www.bmkg.go.id, media sosial @infoBMKG, serta aplikasi iOS dan androis 'Info BMKG'. Kamu juga bisa menghubungi BMKG terdekat jika membutuhkan informasi cuaca.

Berikut ini wilayah yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas tinggi hingga 24 Oktober 2020:
1. Aceh
2. Sumatera Utara
3. Sumatera Barat
4. Riau
5. Jambi
6. Bengkulu
7. Sumatera Selatan
8. Kepulauan Bangka Belitung
9. Lampung
10. Banten
11. DKI Jakarta
12. Jawa Barat
13. Jawa Tengah
14. Daerah Istimewa Yogyakarta
15. Jawa Timur
16. Bali
17. Nusa Tengara Barat
18. Kalimantan Barat
19. Kalimantan Utara
20. Kalimantan Tengah
21. Kalimantan Selatan
22. Sulawesi Utara
23. Sulawesi Barat
24. Sulawesi Tengah
25. Sulawesi Selatan
26. Maluku Utara
27. Papua Barat
28. Papua

Foto: Ilustrasi Pexels/Pixabay
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler