Kabar Terbaru dari Piala Dunia U-20 2021 Indonesia

Jakarta - TemanBaik, perhelatan Piala Dunia U-20 2021 akan jadi tonggak sejarah tersendiri bagi pesepakbolaan Indonesia. Sebab, kegiatan bergengsi ini akan digelar pada Mei-Juni 2021 di Indonesia.

Berbagai persiapan terus dilakukan semua pihak terkait. Tujuannya agar penyelenggaraan Piala Dunia U-20 bisa berjalan lancar. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun pada Rabu (20/10/2020) ini menggelat rapat terbatas (ratas) virtual bersama berbagai pihak terkait.

"Saya meminta laporan update terkait dengan persiapan, terutama terkait dengan kesiapan stadion utama dan stadion pendukung di enak kota yang telah ditunjuk," kata Jokowi.

Keenam lokasi penyelenggaraan Piala Dunia U-20 itu ada di Provinsi DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Selain itu, Jokowi juga meminta laporan dari PSSI terkait perkembangan Timnas U-19 yang diproyeksikan untuk berlaga di Piala Dunia U-20.

Dalam kesempatan itu, Jokowi meminta berbagai pihak terkait memastikan penerapan protokol kesehatan dalam perhelatan Piala Dunia U-20. Ia pun memberi jaminan bahwa Indonesia aman untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut meski saat ini pandemi masih belum berakhir.

"Kita harus meyakinkan bahwa Indonesia telah mempersiapkan protokol kesehatan yang ketat. Sehingga, sangat aman untuk dikunjungi dan dijadikan tempat untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021," tutur Jokowi.

Baca Ini Juga Yuk: Jangan Asal Terobos Banjir Meski Naik Mobil, Begini Penjelasannya

Masih Bertatih Keras di Kroasia
Timnas U-19 sendiri saat ini masih digembleng di Kroasia. PSSI sempat berencana memindahkan tempat pemusatan latihan ke Turki, namun hal ini urung terlaksana. Pemusatan latihan akhirnya dilanjutan di Kroasia.

Selain berlatih di bawah arahan pelatih Shin Tae-yong, para pemain juga menjalani berbagai rangkaian uji coba, baik melawan klub maupun timnas negara lain. Yang teranyar, Timnas U-19 akan beruji coba melawan Hajduk Split pada hari ini.

Hajduk Split sendiri merupakan tim pengganti. Sebelumnya, Timnas U-19 berancana bertanding melawan Bosnia Herzegovina. Namun, laga ini dibatalkan karena beberapa pemainnya terpapar COVID-19. Beruntung klub asal Kroasia, Hajduk Split, bisa diajak bertanding di hari yang sama.

Sementara secara keseluruhan, sejak berada di Kroasia pada 30 Agustus 2020, Timnas U-19 sudah menjalani 10 laga uji coba. Setelah mengikuti berbagai rangkaian uji coba di Kroasia, Timnas U-19 akan menjajal kekuatannya di Piala Asia U-19 pada awal 2021 di Uzbekistan.


                                                                                    Foto: dok. www.pssi.org

Kedatangan Dua Pemain Keturunan
Di tengah persiapan yang dilakukan, pelatih Shin Tae-yong mengundang dua pemain keturunan Indonesia. Mereka adalah Kelana Noah Mahesa dan Luah Fynn Jeremy Mahesa. Mereka adalah pemain keturunan Indonesia-Jerman yang tinggal di Jerman.

Kelana Noah Mahesa merupakan pemain kelahiran 30 Januari 2001 dan Lyah Flynn Jeremi Mahesa kelahiran 30 Juli 2002. Keduanya saat ini bermain di klub Jerman, Bonner FC.

"Ya, saya mengundang dua pemain ini untuk datang ke Kroasia karena saya ingin melihat langsung kualitas mereka. Pertimbangan mendatangkan dua pemain ini ke Kroasia karena jarak dari negara mereka (Jerman) tidak terlalu jauh ke sini," kata Shin Tae-yong di laman resmi PSSI.

Selain mereka, pelatih asal Korea Selatan itu mengaku ingin melihat kemampuan para pemain keturunan Indonesia lainnya. Harapannya, ia bisa mendapatkan para pemain andal untuk membuat Timnas U-19 menjadi lebih tangguh.

"Ada sejumlah pemain keturunan yang saya ingin lihat langsung kemampuannya, namun baru dua pemain ini yang bisa ke Kroasia. Mungkin saja kami akan panggil saat pemusatan latihan selanjutnya sambil menunggu perkembangan," jelasnya.

Kelana Noah mengungkap rasa senangnya dipanggil untuk bergabung dalam pemusatan latihan Timnas U-19 di Kroasia. Ia siap menunjukkan kemampuan terbaik demi memikat hati Shin Tae-yong agar dijadikan bagian Timnas U-19.

"Saya sangat senang mendapat undangan dari pelatih Shin Tae-yong untuk mengikuti latihan bersama Timnas U-19 di pemusatan latihan Kroasia. Saya ingin menjadi bagian dari tim ini. Ini tidak mudah, namun saya akan berjuang," tutur Kelana Noah.

Foto: dok. Biro Pers Setpres


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler