Pentingnya Tahu Jalan 'Kabur' dari Mal, Ini Alasannya

Bandung - TemanBaik, coba deh ingat-ingat, mal yang selama ini kamu kunjungi sudah tahu belum di mana jalur evakuasinya? Jalur evakuasi ini penting untuk kamu ketahui loh.

Sebab, ketika bencana tiba-tiba terjadi, keluar dengan mengikuti jalur evakuasi bisa menyelamatkanmu. Jalur evakuasi ini biasanya sudah ditentukan dan relatif aman digunakan.

Kabid Penanggulangan Bencana Diskar PB Kota Bandung Didi Rudianto mengatakan masyarakat seharusnya mengetahui di mana jalur evakuasi suatu mal. Sehingga, saat bencana terjadi, mereka bisa 'kabur' alias menyelamatkan diri.

"Kalau ke mal, kita harus tahu jalur evakuasinya di mana," ujar Didi di Balai Kota Bandung, Selasa (27/10/2020).

Faktanya, jalur evakuasi ini cenderung tak banyak diketahui. Padahal, mengetahui jalur evakuasi sangat penting dan idealnya jadi kebutuhan masyarakat. Kamu sendiri tahu jalur evakuasi di mal yang sering kamu datangi?

Baca Ini Juga Yuk: Sumpah Pemuda di Bandung akan Diperingati dengan Cara Berbeda

Padahal, setiap mal biasanya sudah memasang rambu atau tanda di mana jalur evakuasinya. Pengunjung tinggal mengikuti ke mana arah dari jalur tersebut, termasuk tempat berkumpul.

Namun, jika kamu tak menemukannya, bertanya pada petugas keamanan atau staf mal, tentu bukan hal memalukan kan? Lebih baik bertanya agar kamu tahu di mana saja jalur evakuasi di lokasi.

"Begitu masuk ke dalam mal, tanya jalur evakuasinya, tangga daruratnya di mana saja. Kalau kita ke tempat atau bangunan lain juga sama, tanyakan jalur evakuasinya di mana," jelas Didi.

Namun, hasrat untuk berbelanja atau jalan-jalan terkadang membuat orang lalai ketika masuk di mal. Mereka akan langsung menuju toko yang dituju atau berjalan-jalan. Ketika terjadi bencana, yang terjadi pengunjung kebingungan harus ke mana menyelamatkan diri ketika terjadi bencana, seperti kebakaran atau gempa bumi.

Yang perlu kamu ingat, ketika bencana terjadi, berusaha setenang mungkin alias jangan panik. Ingat-ingat ke mana jalur evakuasi untuk menyelamatkan diri.

Selain itu, ikuti arahan petugas atau pengelola mal. Berjalanlah di dekat dinding saat menuju jalur evakuasi. Selanjutnya, hindari menggunakan lift atau eskalator saat terjadi bencana. Sebab, benda ini bisa saja macet.

Gunakanlah tangga darurat untuk berjalan dan tempatkan dirimu berada di dekat tembok, bukan dekat pegangan tangga. Setelah itu, berkumpul di tempat evakuasi yang sudah ditentukan.

Foto: Ilustrasi Pexels/Monicore
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler