Pentingnya Punya Tas Siaga Bencana, Wajib Punya Nih!

Bandung - TemanBaik, Indonesia merupakan negara indah dengan ragam kekayaannya. Namun, di saat yang sama, Indonesia merupakan negara rawan terjadinya bencana.

Potensi bencana di Indonesia pun beragam, mulai dari gempa bumi, tsunami, tanah longsor, pergerakan tanah, banjir, angin puting beliung, kebakaran, dan bencana lainnya.

Kepala Seksi Tanggap Darurat Bencana Diskar PB Kota Bandung Roby Darwan mengatakan masyarakat disarankan selalu waspada. Kata kuncinya adalah hidup harmoni bersama bencana.

Maksudnya, karena hidup di negara rawan bencana, kamu perlu menyesuaikan diri. Sehingga, kamu jadi pribadi yang tangguh dan siap menghadapi bencana kapanpun terjadi.

Salah satu bentuk kesiapsiagaan menghadapi bencana adalah menyiapkan tas siaga bencana atau tas darurat. TemanBaik sudah tahu belum seperti apa sih tas ini?

Baca Ini juga Yuk: Parkir Sembarangan di Bandung Bisa Didenda hingga Rp2,3 Juta

Tas siaga bencana ini adalah tas khusus yang disiapkan untuk dibawa ketika terjadi bencana. Begitu bencana terjadi, berusahalah menyelamatkan diri dan orang sekitar. Selanjutnya, segera bawa tas siaga bencana dibanding membawa barang lain yang justru berpotensi membuat keselamatanmu terancam.

"Dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana itu, ada namanya tas siaga bencana. Isinya itu makanan, obat-obatan, dan surat-surat penting," kata Robby.

Makanan yang disarankan untuk disimpan di dalam tas itu adalah makanan siap saji dan siap makan. Makanan ini bisa jadi suplai nutrisi darurat ketika terjadi bencana.

"Intinya ini makanan untuk beberapa hari," ucap Robby.

Dengan cara ini, ketika bantuan makanan belum datang, kamu bisa 'menyelamatkan' perut dengan makanan dari dalam tas. Sebab, bisa jadi bantuan ke daerah bencana datang terlambat.

Untuk obat-obatan, siapkan obat yang umum dipakai untuk seperti obat antiseptik, alkohol, hingga perban. Jika kamu punya penyakit bawaan atau kerap dialami, jangan lupa masukkan obat yang biasa dikonsumsi ya.

Selain itu, kamu bisa memasukkan beberapa obat lain, seperti obat flu dan batuk, salep pereda rasa sakit, dan obat lain yang kemungkinan bakal dibutuhkan. Sehingga, saat dibutuhkan, kamu tak perlu jauh-jauh mencarinya.

Selanjutnya, apa sih yang dimaksud surat berharga? Surat tanah, akta kelahiran, buku nikah, serta berbagai sertifikat atau dokumen penting lainnya. Dengan begitu, ketika bencana terjadi, berbagai dokumen ini bisa terselamatkan dan kamu enggak perlu membuatnya lagi yang terkadang menyita waktu.

"Jadi ketika bencana terjadi, warga tinggal membawa tas itu," tutur Roby.

Untuk tas darurat ini, lebih disarankan menggunakan minimal tas tahan air. Sehingga, apa yang ada di dalam tas bisa lebih aman. Selain itu, tempatkan tas darurat ini di tempat yang mudah dijangkau, tapi aman. Jadi, kamu enggak akan kesulitan mengambilnya saat tiba-tiba bencana terjadi.

Foto: Ilustrasi Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler