Bakal Ada Apa Ya Saat Peringatan Hari Pahlawan di Bandung?

Bandung - TemanBaik, Hari Pahlawan setiap tahunnya selalu diperingati pada 10 November. Namun, tahun 2020 ini, Hari Pahlawan akan berlangsung di tengah pandemi COVID-19.

Tentu bakal ada yang berbeda peringatan Hari Pahlawan tahun ini dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tak akan ada keramaian seperti yang kerap dilakukan sebelumnya.

Di Kota Bandung misalnya, tidak akan ada upacara peringatan Hari Pahlawan. Nyekar atau ziarah ke Taman Makam Pahlawan juga tak akan dilakukan. Lalu, apa yang akan dilakukan?

Ketua DPC Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Bandung Patmo Notowisastro mengatakan Hari Pahlawan akan tetap diperingati. Namun, caranya berbeda dibanding sebelum-sebelumnya.

"Besok (Selasa, 10 November 2020) kita akan kumpul di Kantor DPC LVRI Kota Bandung, kita akan melakukan syukuran sederhana," kata Patmo saat ditemui di Balai Kota Bandung, Senin (9/11/2020).

Biasanya, Hari Pahlawan tingkat Kota Bandung peringatannya diwarnai dengan upacara di Balai Kota Bandung. Setelah itu, para peserta upacara akan melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan di kawasan Cikutra.

"Tahun sekarang upacara dan ziarah tidak kita adakan karena masih dalam suasana pandemi. Jadi, kita hanya bikin syukuran saja," ungkap Patmo.

Baca Ini Juga Yuk: Cerita Stadion Sidolig & Jalan Menuju Piala Dunia U-20

Dalam syukuran nanti, rencananya bakal ada 50-an pengurus dan anggota LVRI yang hadir. Itu bakal jadi momentum untuk mengenang jasa pahlawan sekaligus ajang silaturahmi di antara para pejuang. Untuk meminimalisir potensi penyebaran dan penularan COVID-19, protokol kesehatan pun bakal diterapkan secara ketat.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung Tono Rusdiantono menegaskan tak akan ada kegiatan upacara Hari Pahlawan di Kota Bandung. Namun, ada beberapa kegiatan yang sudah dan akan dilaksanakan.

Beberapa waktu lalu misalnya, sudah dibagikan 20 kursi roda untuk para veteran yang membutuhkan. Ada juga 10 veteran yang mendapatkan bantuan kaki palsu.

"Untuk kaki palsu ini juga ada permohonan lagi 10. Kita akan berikan bertahap karena kaki palsu ini kan perlu pengukuran dulu," kata Tono.

Selain itu, pembagian sembako juga sudah dilakukan sebagai bagian dari peringatan Hari Pahlawan. Sasarannya adalah para veteran dan warga membutuhkan di Kota Bandung.

Foto: Ilustrasi-Oris Riswan Budiana/beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler