Lakukan Hal Ini Jika Hadapi Hujan Angin Saat Berkendara

Bandung - TemanBaik, belakangan ini di berbagai daerah kerap terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Tak jarang juga terjadi hujan disertai angin kencang. Kondisi jelas berbahaya.

Karena itu, kamu perlu waspada dalam melakukan pencegahan agar tidak menjadi korban. Salah satu yang perlu diketahui adalah langkah antisipasi ketika terjadi hujan disertai angin kencang saat kamu berkendara. Apa saja yang harus dilakukan?

Kepala Seksi Tanggap Darurat Bencana Diskar PB Kota Bandung Roby Darwan mengatakan langkah utama yang perlu dilakukan adalah tentu menyelamatkan diri. Sehingga, potensi kamu menjadi korban bencana bisa diminimalisir.

Ketika sedang berkendara dihadapkan pada hujan disertai angin kencang, segeralah cari tempat menepi yang aman. Seperti apa sih tempat yang aman?

"Cari tempat menepi, tapi jangan yang ada pohon, tiang listrik, atau baliho di sekitarnya," kata Roby kepada BeritaBaik.id.

Tiga benda itu merupakan benda yang rawan tumbang atau terlepas dari tempatnya. Sebab, ketika angin yang ada berkecepatan tinggi, pohon bisa tercabut dari akarnya. Begitu juga dengan tiang listrik dan baliho yang bisa terlepas dari tempatnya terpasang. Ujung-ujungnya, ketiga benda itu terjatuh dan menimpa apapun di sekitarnya.

Baca Ini Juga Yuk: Pentingnya Punya Tas Siaga Bencana, Wajib Punya Nih!

Ia pun menekankan agar para pengendara tak memaksakan diri menembus hujan disertai angin kencang. Hal ini justru bisa berakibat fatal. Terbayang enggak kamu memaksakan diri melintas di area yang terdapat pohon, tiang listrik, atau baliho? Tentu enggak mau kan kamu atau kendaraanmu tertimpa salah satu dari ketiga benda itu ketika tumbang?

Carilah tempat yang cukup luas untuk berteduh. Jika tak memungkinkan, carilah tempat yang di sekitarnya terdapat tembok. Namun, pastikan tembok di area kamu berlindung juga aman ya.

Dalam kondisi bencana, diakui Roby terkadang orang memaksakan diri membawa kendaraan. Padahal, hal seperti itu bisa berakibat fatal. Kendaraan bisa rusak dan yang paling parah pengendaranya bisa terluka atau bahkan kehilangan nyawa.

"Lebih baik tinggalkan kendaraan, cari tempat aman. Banyak orang ingin menyelamatkan diri sambil membawa kendaraannya, padahal itu berbahaya," tuturnya.

Iya, memang kendaraan kamu bisa saja mengalami kerusakan ketika dihadapkan pada situasi bencana. Namun, menurutnya ada yang jauh lebih penting, yaitu keselamatan nyawa. Bayangkan jika kamu sampai meninggal dunia, enggak ada nyawa cadangan kan?

Foto: Ilustrasi Pexels/Supareg Suksai

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler