Ini Program Belajar yang Bisa Bikin Kamu Keliling Dunia Gratis

Bandung - TemanBaik, bagi sebagian orang, keliling dunia adalah impian besar dalam hidup. Namun, menimbang isi dompet, enggak semua orang bisa melakukannya.

Padahal, ada satu cara yang dianggap ampuh buat kamu yang kepingin keliling dunia namun terkendala biaya. Ya, beasiswa. Salah satu penulis asal Indonesia, Ahmad Fuadi misalnya. Sampai saat ini ia telah mengelilingi dunia dengan mengunjungi 5 benua dan 55 negara. Cara itu didapatkannya, kebanyakan melalui jalur beasiswa.

Berbicara mengenai beasiswa itu sendiri, kebanyakan orang Indonesia biasanya mengenal beasiswa yang dimaksud adalah beasiswa bergelar semisal beasiswa sarjana, magister, atau doktoral di luar negeri. Padahal menurut Fuadi, ada beberapa jenis beasiswa non gelar yang bisa kamu coba agar bisa keliling dunia "gratisan".

"Kesempatannya banyak banget (untuk generasi muda yang mau 'keliling dunia' pakai jalur beasiswa dan itu enggak harus bergelar, ya. Ada beberapa beasiswa singkat yang bisa kita ikuti. Selain itu, jangan khawatir dengan usia. Sebab mau tua atau muda, semua punya kesempatan yang sama," ujar Fuadi.

Baca Ini Juga Yuk: Roller Barrier, Si Pencegah Kendaraan 'Terjun Bebas'

Lalu, apa saja sih, program belajar non gelar yang bisa kita jajal? Yuk simak ulasannya!

Program Residensi
Residensi adalah program belajar yang memungkinkan kita untuk tinggal di suatu wilayah dan berproses menciptakan sebuah penelitian atau mungkin karya dari tempat tersebut untuk jangka waktu tertentu. Program ini cukup populer di kalangan seniman biasanya.

Seniman kontemporer asal Bandung, Vincent Rumahloine misalnya. Dalam sesi wawancara bersama Beritabaik.id beberapa bulan ke belakang, Vincent menceritakan pengalamannya saat mengikuti residensi di berbagai negara.

Waktu atau periode residensi itu sendiri bermacam-macam. Bisa satu bulan, tiga bulan, atau mungkin enam bulan. Hanya saja program ini bukan program belajar yang bergelar. Meski begitu, kesempatan untuk mengembangkan diri melalui jalur ini bisa kamu lewatkan begitu saja.

Beasiswa Fellowship
Beasiswa Fellowship sebetulnya merupakan bagian dari beasiswa scholarship. Namun, enggak semua beasiswa scholarship ini berbentuk fellowship. Beberapa penyandang dana untuk beasiswa ini menawarkan program belajar yang relatif singkat (biasanya tidak sampai satu tahun) di sebuah negara dan dengan program non gelar. Jadi, bukan beasiswa untuk kamu bersekolah S2 atau S3 seperti yang banyak kita kenal.

Nah, Ahmad Fuadi, sang kreator di balik novel 'Negeri 5 Menara' adalah salah satu contoh "anak kampung" yang bisa keliling dunia dengan menggunakan jalur ini. Menurutnya, kesempatan untuk anak muda Indonesia mendapat beasiswa jenis ini sangatlah besar. Ia juga menyarankan agar generasi muda Indonesia jangan ragu mengambil kesempatan yang satu ini.

Pertukaran Pelajar
Pertukaran pelajar merupakan salah satu jalan untuk kamu yang punya keingintahuan lebih akan luasnya dunia. Dengan mengikuti program ini, kamu punya kesempatan untuk merasakan belajar di universitas atau kampus lain yang bekerjasama dengan kampusmu, misalnya. Selain belajar, kesempatan ini juga bisa membawamu keliling dunia.

Namun, pertukaran pelajar ini rasanya hanya cocok untuk kamu yang sedang menjadi mahasiswa aktif. Nah, selagi ada kesempatan, peluang keliling dunia dengan jalur ini jangan sampai dilewatkan, ya. Di Indonesia, rasanya sudah tidak terhitung ada berapa jumlah anak muda yang merasakan keliling dunia gratis lewat program ini.

Boleh jadi, ada di antara TemanBaik yang sudah pernah merasakan pengalaman berharga ini. Bagaimana? Seru bukan?

Sebagai penutup, dalam webinar ‘Pemuda Penggagas Tanpa Batas’ yang diselenggarakan oleh Kemdikbud RI tersebut, Fuadi menyebut kesempatan belajar sambil mengenal dunia lebih luas ini bisa kamu barengi dengan kegiatan mengenalkan bangsamu ke dunia. Di sisi lain, Fuadi juga berpesan kepada generasi muda agar jangan takut untuk bermimpi.

"Kita enggak boleh meremehkan impian kita, setinggi apapun mimpinya," ujarnya.

TemanBaik, masih ragu untuk keliling dunia? Nah, mulai sekarang kamu enggak perlu ragu lagi ya. Sebab, ada banyak jalan yang bisa kamu coba. Tetap semangat!

Foto: Ilustrasi Unsplash/Joanna Kosinska
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler