Makin Kreatif di Hari Disabilitas Internasional 2020

Bandung - TemanBaik, tanggal 3 Desember diperingati sebagai Hari Disabilitas Internasional. Bagaimana sih sejarah dan apa yang bisa kita lakukan dalam memperingati hari spesial ini?

Hari Disabilitas Internasional itu sendiri ditetapkan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) 47/3 sejak tahun 1992. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas, memperjuangkan hak-hak dan kesejahteraan para penyandang disabilitas di semua bidang dan pembangunan. Peringatan Hari Disabilitas Internasional juga dibuat untuk meningkatkan kesadaran terhadap situasi para difabel di setiap aspek kehidupan, baik politik, sosial, ekonomi, dan budaya.

Sebelumnya, pada dekade 1970-an, "kecacatan" merupakan sesuatu yang harus diobati. Ini membuat posisi penyintas disabilitas seolah melulu dipandang dari kacamata medis, bukan kacamata sosial. Bahkan pada medio 1971, hak para penyintas disabilitas ini belum diakui secara Internasional.

Kemudian pada tahun 1975, PBB memproklamirkan konvensi tentang Hak-Hak Penyandang Disabilitas, sehingga hak-hak sosial, politik, sipil dan hak asasi manusia dari para penyandang disablitas baru diakui secara internasional. Sebagai kelanjutannya, pada tahun 1983 hingga 1992, diselenggarakanlah The United Nations Decade of Disabled Persons. Tujuannya ialah memungkinkan pemerintah dan organisasi menerapkan langkah-langkah guna meningkatkan kesejahteraan para penyandang disabilitas di seluruh dunia.

Ketika dekade tersebut hampir berakhir, kemudian pada 14 Oktober 1992, Majelis Umum PBB mengumumkan bahwa tanggal 3 Desember bakal diperingati sebagai Hari Disabilitas Internasional. Peringatan ini pertama kali dilakukan pada 3 Desember 1992.

Dalam perjalanannya, Konvensi Hak-Hak Penyandang Disabilitas kemudian diadopsi pada 2006. Hasilnya makin memajukan hak dan kesejahteraan penyandang disabilitas dalam implementasi agenda pada 2030 nanti, yaitu pembangunan berkelanjutan dan kerangka kerja pembangunan internasional lainnya.

Tiap tahunnya, PBB membuat tema untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional. Tema tahunan ini menentukan fokus menyeluruh tentang bagaimana masyarakat memposisikan penyintas disabilitas agar tetap mendapat peluang yang setara dengan sesama individu lainnya.

Baca Ini Juga Yuk: Begini Cara Fosil Dirawat Biar Enggak Rusak

HDI 2020 di Tengah Pandemi
Nah, pada tahun 2020 ini, Hari Disabilitas Internasional mengusung tema 'Building Back Better: toward a disability-inclusive, accessible and sustainable Covid-19 World' yang berarti Membangun Kembali Kehidupan yang Lebih Baik, Lebih Ekslusif, dan Lebih Berkelanjutan Pasca Pandemi COVID-19.

Bertepatan dengan momentum itu, Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) meluncurkan situs web Creative Disabilities Gallery. Situs web ini merupakan sarana promosi karya dan produk penyandang disabilitas yang berkualitas. Dengan mengakses alamat laman tersebut, masyarakat dapat mengenal lebih dekat lagi para penyandang disabilitas dan memetik pembelajaran dari semangat mereka yang selalu menyala di tengah keterbatasan.

Jadi, situs web Creative Disabilities Gallery ini merupakan galeri virtual berbentuk dome yang menampilkan beragam acara seperti pameran karya penyandang disabilitas, pertunjukan kreatif, talkshow, sharing session, live games, dan kisah-kisah inspiratif para penyandang disabilitas. Kita bisa mengaksesnya di www.creativedisabilitiesgallery.com.

Website ini diluncurkan dalam rangkaian peringatan Hari Disabilitas Internasional yang digelar Kemensos RI. Seluruh rangkaian acara hingga acara puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional digelar secara daring dan bisa kamu saksikan di kanal YouTube Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Dalam rangkaian acara tersebut, Menteri Sosial Republik Indonesia Juliari P. Batubara mengatakan peluncuran situs website ini menandai dimulainya rangkaian acara menyambut Hari Disabilitas Internasional 2020 dengan penerapan adaptasi kebiasaan baru, yang mana seluruh kegiatan perayaan dilakukan secara daring atau secara virtual. Tujuannya agar semua pihak dapat menyaksikan perayaan Hari Disabilitas Internsional 2020 di manapun mereka berada. Peluncuran situs web ini juga merupakan bagian dari upaya membangun kepedulian masyarakat bagi perwujudan kehidupan yang lebih aksesibel dan inklusif. 

"Website ini dipersembahkan untuk para penyandang disabilitas di seluruh Indonesia yang aktif berkarya dan mengukir prestasi," kata Juliari.

TemanBaik, sudah 28 tahun Hari Disabilitas selalu diperingati. Yuk, jadikan momen ini sebagai penguat diri dan rangkulan untuk semua saudara-saudara kita. Tetap semangat!

Foto: dok. Kementrian Sosial RI

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler