Ini yang Dirasakan Gajah Jika Punggungnya Ditunggangi

Bandung - TemanBaik, ada yang pernah atau ingin menaiki gajah tunggang? Mulai sekarang, sebaiknya kamu berpikir ulang ya jika ingin menaikinya. Kenapa? Simak ulasannya, yuk!

Ahli Paleontologi Museum Geologi Unggul Prasetyo Wibowo mengatakan gajah memiliki struktur tulang yang 'unik'. Pada bagian tulang punggungnya ternyata terdapat tulang yang posisinya mengarah ke atas.

"Tulang belakang gajah itu di ujung atasnya itu (berbentuk) semacam duri," ujar Unggul.

Jika diibaratkan, tulang punggung gajah ini menurutnya hampir mirip dengan ikan. Dari bagian depan (di dekat kepala), tulangnya relatif lebih panjang. Makin mengarah ke belakang ukurannya makin pendek.

Hal itulah yang membuat gajah memiliki struktur punggung yang menonjol pada bagian depan dan makin menurun ke area belakang hingga ke dekat ekor.

Baca Ini Juga Yuk: Ini Fakta Menarik dari Landak Jawa yang Perlu Kamu Tahu

Jika bagian punggung ini dinaiki atau diberi beban dalam bobot tertentu, dikhawatirkan justru akan membuat gajah mengalami cedera. Tulangnya berpotensi bergeser atau bahkan patah. Jika ini sampai terjadi, tentu hal menyakitkan bagi hewan berukuran besar tersebut.

Menaiki gajah di bagian punggungnya juga akan membuatnya merasa tak nyaman. Apalagi ketika beban yang ada di punggungnya itu berlebihan. Ya, si gajah memang bisa tetap berjalan, tapi dia akan merasakan sakit pada saat bersamaan.

Bayangin deh, kamu merasa senang menaiki gajah dan ketawa-ketawa. Sedangkan si gajah harus berjalan sambil membawa kamu di atas punggungnya dengan rasa tak nyaman, bahkan merasa sakit.

"Pasti enggak nyaman karena dia tidak ada tulang (penyangga) di kiri-kanannya, cuma satu itu saja (tulang dengan posisi berdiri)," tutur Unggul.

Karena itulah pawang gajah biasanya akan menaiki gajah di area yang aman, yaitu di sekitar leher yang jadi 'pembatas' antara kepala dan punggung.

Posisi tulang punggung gajah seperti itu bukan hanya ada pada gajah zaman sekarang. Gajah purba juga struktur yang hampir sama.

Namun, mau naik atau tidak di punggung gajah tentu hak setiap orang. Hanya saja, kamu disarankan naik di posisi yang membuat gajah tetap aman saat dinaiki. Bahkan, enggak ada salahnya kamu meminta pawang untuk tidak menaikinya pada area punggung. Jadi, minta duduk di sekitar area punuk atau lehernya saja.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Ray Rui


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler