Mengintip Persiapan Jelang Imlek di Vihara Dharma Ramsi

Bandung - TemanBaik, pergantian tahun baru China alias Imlek akan berlangsung beberapa hari lagi. Vihara maupun kelenteng pun kini sedang bersiap menyambut Imlek.

BeritaBaik.id pun mengunjungi salah satu vihara di Kota Bandung, yaitu Vihara Dharma Ramsi yang berlokasi di Jalan Cibadak, Selasa (2/2/2021). Persiapan apa yang dilakukan di lokasi?

Semula, di vihara ini diagendakan pembersihan rupang atau kerap disebut patung pada hari ini. Namun, ada kendala tersendiri sehingga pembersihan rupang diundur.

"Proses pembersihan rupang jadi tanggal 6 (Februari)," kata Asoey, umat Vihara Dharma Ramsi.

Asoey sendiri kerap membantu pengurus vihara dalam melakukan berbagai kegiatan. Ia pun biasanya cukup sibuk ketika proses pembersihan rupang nanti.

Baca Ini Juga Yuk: Museum Olahraga Surabaya Siap Diresmikan, Koleksinya Bikin Bangga

Dalam pembersihan rupang nanti, selain pengurus, akan ada umat yang datang. Mereka biasanya meluangkan waktu untuk membersihkan rupang di tengah berbagai kesibukannya masing-masing.

Persiapan Akhir Lilin Raksasa
Salah satu yang unik dari Vihara Dharma Ramsi adalah lilin raksasa. Di sini, lilin tak hanya dipasang, tapi juga jadi lokasi pembuatan.

Sejak sekitar enam bulan lalu, proses pembuatan lilin sudah dilakukan. Ukurannya beragam, mulai dari belasan kilogram hingga puluhan kilogram.

Herman (48) adalah pekerja di Vihara Dharma Ramsi yang bertanggungjawab memproduksi lilin. Ia dibantu lima orang tenaga tambahan khusus untuk membuat lilin.

"Kalau lilin bikinnya dari enam bulan laku, soalnya kalau dari lima bulan ke sini terlalu mepet waktunya," ujar Ujang, sapaan akrab Herman.

Baru-baru ini, proses pembuatan lilin sudah selesai. Kini, Ujang tinggal menyelesaikan tahap akhir beberapa lilin yang belum dipasang plastik berisi tulisan huruf Mandarin berwarna emas.

Sebagian besar lilin sudah ditempatkan di beberapa titik di lokasi. Lilin-lilin itu nantinya akan dipasang di area sebelum pintu masuk vihara sesaat sebelum malam perayaan Imlek. Saat malam pergantian tahun, lilin-lilin raksasa itu akan dinyalakan.

Di luar itu, berbagai aktivitas dilakukan, salah satunya bersih-bersih area vihara.

Foto: Oris Riswan/beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler