Resmi, Pos Bloc Bakal Hadir di Jakarta Bulan Agustus Mendatang

Bandung - Pengerjaan ruang kreatif Pos Bloc memasuki babak baru. Pihak PT. Pos Properti Indonesia bersama PT. Ruang Kreatif Pos baru saja menandatangani perjanjian kerja sama pembangunan Pos Bloc di Jakarta.

Acara penandatangan berlangsung pada Jum’at (5/2/2021) di Gedung Filateli Jakarta (eks-Gedung Kantor Pos Pasar Baru) yang berlokasi di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat. Penandatanganan disiarkan juga secara daring, dan dirangkaikan dengan tur area di eks-Gedung Kantor Pos Pasar Baru.

Penandatangan tersebut dihadiri Direktur Utama PT. Pos Properti Indonesia Handriani Tjatur Setiowati dan Direktur Utama PT. Ruang Kreatif Pos Jimmy Saputro. Penandatanganan kerja sama disaksikan oleh Handoko Hendroyono selaku Komisaris Utama PT Ruang Kreatif Pos dan Endro Tjahjono selaku GM Pengembangan Usaha dan Teknik PT Pos Properti Indonesia.


Proyek Pos Bloc perdana yang segera dimulai pengerjaannya berlangsung di tiga titik, yakni Pos Bloc Jakarta, menyusul kemudian Pos Bloc Surabaya serta Pos Bloc Medan. Pos Bloc Jakarta ini sendiri rencananya bakal memanfaatkan aset bekas Gedung Kantor Pos Pasar Baru seluas 6.500 meter persegi milik PT. Pos Indonesia menjadi sebuah pusat kegiatan kreatif multi-fungsi bagi berbagai komunitas kreatif, dan pemberdayaan bisnis UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) serta UKM (Usaha Kecil dan Menengah).

Dalam acara yang kami pantau secara daring tersebut, Pos Bloc Jakarta kabarnya akan diresmikan pada 17 Agustus 2021 sebesar 2500 meter persegi. Selain itu, tahap kedua akan dilakukan pada 2022 dengan luas sekitar 4.000 meter persegi.

Nantinya di dalam gedung bersejarah yang telah ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya tersebut akan hadir beragam tenant UKM/UMKM dalam negeri yang bergerak di berbagai bidang industri kreatif seperti kuliner, musik, film, fesyen, hingga kriya. Beragam program kolaborasi dengan berbagai komunitas kreatif telah dirancang pula untuk digelar di sana. Salah satu ruangan di gedung tersebut rencananya juga akan difungsikan menjadi lokasi kegiatan musik yang diberi nama Pos Bloc Live House.

"Keberadaan aset-aset Pos Indonesia di seluruh Indonesia adalah salah satu kekuatan dari PT. Pos Indonesia, dimana sebagiannya merupakan bangunan-bangunan heritage peninggalan kolonial Belanda. Memanfaatkan bangunan heritage dengan kegiatan anak-anak muda jaman kini merupakan satu keunikan tersendiri," ujar Handriani Tjatur Setiowati selaku Direktur Utama PT. Pos Properti Indonesia.


Baca Ini Juga Yuk: Cerita Peliknya Jadi Jurnalis Televisi saat Pandemi

Ia juga menambahkan, dengan segala detail arsitektur bangunan yang sangat indah lalu dikombinasikan dengan penciptaan ruang-ruang kreatif hasil karya anak muda Indonesia, maka diharapkan Pos Bloc akan menjadi tempat tujuan baru anak muda untuk mengeksplorasi daya kreatifitas mereka sehingga mampu menghasilkan karya-karya berdaya jual tinggi.

Di tempat ini pula Pos Indonesia akan berkolaborasi dengan anak-anak muda kreatif untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan daya jual karya kreatif mereka hingga mampu bersaing, tidak hanya di pasar lokal tetapi juga di pasar internasional. Kenali dan cintai karya cipta anak bangsa untuk Indonesia yang lebih hebat.

Sebagai informasi, Pos Bloc Jakarta yang berlokasi Jl Pos No.2, Pasar Baru, Jakarta Pusat ini sebelumnya merupakan gedung Post Telefon en Telegraf bergaya arsitektural Colonial yang dirancang oleh arsitek Belanda, J.F. von Hoytema dan dibangun selama 17 tahun lamanya (1912-1929). Pemerintahan kolonial Belanda di bawah Gubernur Jenderal H.W. Daendels pada abad ke-19 memindahkan pusat kota Batavia dari kawasan Kota Tua ke Weltevreden (sekarang dikenal sebagai Jakarta Pusat).

Menelisik sejarahnya, pada masa kolonial Belanda, kegiatan pemerintahan, perkantoran, perbelanjaan, kesenian, kebudayaan saat itu berpusat semuanya di Weltevreden. Tak heran jika tepat disamping gedung pos ini berdiri pula Schouwburg Weltevreden (kini Gedung Kesenian Jakarta) yang menjadi pusat pertunjukan drama, teater, sastra hingga film ternama pada jamannya. Mereka khusus membangun gedung layanan pos, telepon dan telegraf untuk masyarakat ini tepat di seberang Pasar Baru, sebuah kawasan Pecinan sekaligus pusat perbelanjaan elit Belanda yang dibangun sejak 1820.

Selain itu, proyek tersebut digarap oleh PT. Ruang Kreatif Pos yang merupakan salah satu anak perusahaan PT. Radar Ruang Riang yang sebelumnya telah sukses mewujudkan ruang kreatif publik M Bloc Space di Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Dalam kesempatan yang sama, pihak PT. Pos Properti menyambut gembira sekaligus merasa terhormat dapat berkolaborasi dengan Indonesia dalam mengalihfungsikan serta mengelola aset negara yang sangat bersejarah ini menjadi ruang kreatif publik yang berjiwa kekinian namun tidak meninggalkan identitas awalnya.

"Semoga Pos Bloc Jakarta dapat menjadi game changer untuk menghidupkan kembali dinamika kreatif di sekitar kawasan Pasar Baru serta berdampak positif bagi lingkungan di sekitarnya," ujar Jimmy Saputro selaku Direktur Utama PT Ruang Kreatif Pos.

Mengenai UMKM yang nantinya akan dilibatkan, Jimmy menyebut kerja sama antara UMKM yang akan mengisi slot-slot yang ada di Pos Bloc nantinya mesti menyerahkan dulu proposal. Pemilhan UMKM ini bersifat kurasi dan berdasar pada proposal dan portfolio produk UMKM yang dikirimkan.

TemanBaik, hadirnya Pos Bloc di berbagai penjuru kota di Indonesia tentu menjadi angin segar bagi industri kreatif, ya. Sebab, insan kreatif akan lebih punya banyak ruang untuk melakukan eksplorasi. Tetap semangat ya!

Foto: Dok. Ruang Kreatif Pos/Baladika Anggakara

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler