Tanaman Khas Bali dengan Khasiatnya yang Ajaib

Bandung - TemanBaik, membahas soal Bali seolah tak ada habisnya. Selalu ada sisi menarik yang bisa diulas, mulai dari keindahan alam, pariwisata, hingga keunikan adat-istiadat masyarakatnya.

Namun, ada yang enggak kalah menarik loh. Bali mempunyai tanaman yang ampuh untuk mengobati beberapa penyakit.

Dilansir dari laman resmi LIPI, ada banyak tanaman di Bali yang berkhasiat untik pengobatan. Tanaman-tanaman itu pun sudah lama digunakan warga setempat sebagai obat.

Apa saja ya tanaman yang biasa digunakan warga Bali sebagai obat? Simak ulasannya, yuk! 

'Bayam Barak'
Tanaman ini punya nama ilmiah Aerva sanguinolenta. Namun, warga Bali lebih sering menyebutnya dengan nama 'bayam barak' atau 'sambang colok'. Tanaman belukar ini mudah dikenali karena warna daunnya mencolok, yaitu berwarna ungu.

Tanaman ini biasanya direbus bagian daun dan akarnya. Hasil rebusannya itulah yang kemudian dipakai untuk mengobati atau meringankan gejala diabetes.

Baca Ini Juga Yuk: Ini Fakta Menarik Seputar Gading Gajah

Bayam barak ini berkhasiat karena punya kandungan analgesic, anti-inflammatory, antimicrobial dan hepatoprotective. Selain untuk diabetes, tanaman ini juga dimanfaatkan untuk mempelancar datang bulan. 

Pegagan
Pegagan ini punya nama ilmiah dari Centella asiatica. Namun, warga Bali lebih mengenalnya dengan sebutan 'piduh'. Tanaman ini memiliki tinggi kurang lebih 20 sentimeter.

Tanaman ini diolah dengan cara merebus daunnya untuk diminum. daun pegagan berkhasiat meringankan gejala diabetes, bronkitis, hemoroid, dan dipercaya meningkatkan daya ingat.

Daun Mangga
Tanaman lain yang  hasil rebusan daunnya digunakan untuk pengobatan diabetes adalah daun mangga. Daun dari tanaman dengan nama ilmiah Mangifera indica ini juga digunakan untuk mengobati hipertensi.

Daun mangga yang biasa digunakan untuk pengobatan adalah daun yang sudah hijau dan segar. Kandungan biologis dalam daun mangga antara lain immunomudulatory, antibacterial, analgesic, dan antioksidan.

Selain tanaman di atas, ada juga tanaman tropis lain di Bali yang bisa dipakai untuk perawatan kulit atau kecantikan. Di antaranya adalah Aloe vera atau lidah buaya yang memiliki banyak manfaat untuk meremajakan kulit, anti-acne, mengobati luka bakar, dan digunakan juga untuk perawatan rambut. Ada Coix lacryma-jobi atau 'jali-jali' yang hasil tumbukan bijinya digunakan sebagai regenerasi sel kulit mati.

Foto: dok. lipi.go.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler