Setelah Sepak Bola, Menpora Upayakan Kompetisi Basket Bergulir

Berita baik bagi para pecinta olahraga di Indonesia. Kompetisi sepak bola kemungkinan akan digulirkan lagi. Sebagai tahap awal, Piala Menpora 2021 akan jadi ajang 'pemanasan'.

Piala Menpora bakal digelar pada 20 Maret hingga 25 April 2021 dengan melibatkan 20 klub, masing-masing 18 klub Liga 1 dan dua klub dari Liga 2. Jika ajang ini berjalan baik dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, Polri kemungkinan akan memberi izin untuk perhelatan Liga 1.

Turnamen Piala Menpora sendiri jadi angin segar bagi pecinta sepak bola. Sebab, hampir setahun kompetisi vakum dan akhirnya Liga 1 2020 dihentikan total. Alasannya tentu karena pandemi COVID-19, sehingga Polri tak memberikan izin keramaian.

Baca Ini Juga Yuk: Nabung Sampah Jadi Emas di Bandung, Siapapun Boleh Ikut

Namun, Polri akhirnya memberikan izin keramaian dengan syarat Piala Menpora menerapkan protokol kesehatan ketat. Sehingga, Piala Menpora bisa digulirkan. Dengan begitu, dalam waktu dekat, publik bisa kembali menyaksikan lagi sepak bola nasional yang dirindukan.

Tak hanya sepak bola, dalam waktu dekat olahraga lain pun siap digelar, yaitu bola basket. Namun, perlu proses agar bola basket bisa benar-benar digelar.

"Jadi, setelah sepak bola ini, maka akan menyusul (izin) basket," ujar Menpora Zainudin Amali di laman resmi Kemenpora.

Ia pun akan berkoordinasi dengan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) dan Indonesian Basket League (IBL) pekan ini. Hal ini untuk membahas berbagai hal dengan harapan besar akhirnya Polri juga memberi izin digelarnya kompetisi bola basket.

"Dijadwalkan satu atau dua hari ke depan kita akan rapat koordinasi. Rakor dihadiri oleh peserta yang hadir pada saat (rapat) dengan sepak bola waktu lalu. Yang berganti hanya PSSI dan PT LIB. Mereka digantikan Perbasi dan IBL. Materi bahasannya sama," kata Amali.

Ia sendiri optimistis kembali mendapat izin dari kepolisian terkait kompetisi basket. Sebab, kompetisi itu rencananya akan menggunakan satu tempat untuk seluruh pertandingan.

"Seluruh pemain satu hotel yang sama. Nanti SOP yang sudah dibuat oleh PSSI dan IBL akan menjadi benchmark, menjadi standar buat semua cabang-cabang olahraga, khususnya yang akan melakukan kompetisi yang ingin mendapatkan izin dari kepolisian. Karena situasinya masih sama," jelasnya.

Foto: dok. kemenpora.go.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler