Maluku, Surga Cengkeh & Pala Pemikat Bangsa Eropa

Teluk Ambon - TemanBaik, sudah tahu kan jika Indonesia kaya akan beragam rempah. Dua yang sangat terkenal di antaranya pala dan cengkeh atau cengkih. Bahkan, pamor pala dan cengkih dari Indonesia ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Buktinya, ratusan tahun lalu, bangsa Eropa berdatangan ke Indonesia. Ujung-ujungnya, Indonesia pun dijajah dan kekayaannya diambil, termasuk pala dan cengkih.

Surga pala dan cengkih ini ada di Maluku. Dulu, bangsa Portugis dan Spanyol bahkan sampai merebut wilayah ini untuk dikuasai. Tujuan mereka sederhana, yakni menguasai pala dan cengkih di sana.

Dilansir di laman Indonesia.go.id, penulis ternama Helmy Yahya dan Reinhard R Tawas memberi penjelasan lewat buku 'Pengeliling Bumi Pertama adalah Orang Indonesia – Enrique Maluku'. Lewat karyanya itu, diungkapkan kenapa bangsa Eropa begitu ngotot datang ke Maluku dan ingin menguasai wilayah tersebut. Padahal, jarak Eropa dengan Maluku jelas sangat jauh.

Baca Ini Juga Yuk: Mantan Mas Klaten Bikin Kain Lurik Jadi Kekinian

Alasannya, orang Eropa saat itu meyakini bahwa harga satu kilogram pala dan cengkeh jauh lebih mahal daripada satu kilogram emas. Kok bisa mahal? Itu karena rempah-rempah pada saat itu khasiatnya jauh lebih banyak dan sedang dicari bangsa Eropa.

Namun, di wilayah Eropa dan sekitarnya, tidak ditemukan rempah-rempah seperti pala dan cengkeh. Dari situlah bangsa Eropa mencari, di belahan dunia mana yang memiliki kekayaan tersebut. Maka ditemukanlah Maluku. Satu-satunya daerah penghasil pala dan cengkih.

Singkat cerita, bangsa Eropa mulai memainkan peran dan strateginya masing-masing untuk mencari dan menemukan letak keberadaan pulau kecil ini. Portugis dibawah komando Ferdinand Magelan dan Spanyol yang dipimpin Ratu Elizabeth adalah aktor penting bagi bangsa Eropa dibalik kejayaan mereka.

Portugis dan Spanyol menemukan Maluku melalui jalur sutra. Lama banget loh perjalanannya. Mereka butuh waktu berbulan-bulan, bahkan bisa sampai setahun untuk berlayar mengelilingi bumi.

Namun, lamanya perjalanan tak jadi alasan. Sebab, negara di belahan Eropa memang dikenal sebagai negara dengan segala kekuatan yang dimiliki. Ambisi untuk menguasai dunia pun dilakukan dengan berbagai cara. Alhasil, Maluku pun sempat berada dalam cengkeraman bangsa Eropa.

Apa sih yang membuat cengkeh dan pala ini begitu jadi magnet kuat bagi bangsa Eropa? Tentu karena rempah ini punya ragam khasiat. Apa saja? Simak ulasannya, yuk!



Khasiat Cengkih
Cengkih ini jelas memiliki banyak manfaat. Enggak hanya untuk berbagai bahan makanan atau minuman, cengkeh juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Cengkeh sendiri mengandung kalsium, magnesium dan vitamin E meskipun jumlahnya sedikit.

Dalam ilmu kesehatan, cengkih diyakini dapat melindungi manusia dari bahaya kanker. Itu karena cengkih diperkaya antioksidan eugenol untuk melawan radikan bebas dalam tubuh yang memicu perkembangan kanker.

Cengkih juga bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab penyakit karena memiliki sifat anti bakteri yang mampu menghentikan infeksi. Selain itu, cengkeh bermanfaat meningkatkan kesehatan hati, menjaga kesehatan tulang, mengobati sakit maag, mengendalikan kadar gula darah, serta berbagai kesehatan lainnya.



Khasiat Pala
Buah pala tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, tapi juga daun dan kulit dari buah pala itu sendiri. Coba deh sesekali kita menggunakan rempah yang satu ini untuk masalah kesehatan.

Khasiatnya beragam, mulai dari bisa meningkatkan kesehatan otak, mengurangi rasa sakit, mengatasai masalah pencernaan, menjaga kesehatan mulut, mengobati insomnia, membantu mengeluarkan racun dari tubuh, merawat kulit, dan juga untuk mengendalikan tekanan darah.

Kaya banget khasiat kan cengkih dan pala ini? Jadi makin bangga deh dengan kekayaan Indonesia, termasuk cengkeh dan pala yang begitu memikat bagi bangsa Eropa.

Foto: https://commons.wikimedia.org
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler