Penyebab Cuaca Ekstrem di Berbagai Wilayah Belakangan Ini

Bandung - Berbagai wilayah di Indonesia dilanda cuaca ekstrem belakangan ini. Bahkan, saat ini hujan deras disertai angin kencang kerap terjadi di berbagai wilayah. Apa penyebabnya, ya?

Secara umum, wilayah di Indonesia sedang memasuki peralihan dari musin hujan ke musim kemarau. Istilahnya adalah periode transisi atau pancaroba.

Selain itu, terjadi juga perubahan cuaca berupa siklon tropis seroja dan odette. Siklon ini berdampak pada terjadinya angin kencang dan tingginya gelombang.

"Setelah pengaruh dari siklon tersebut sudah melemah dan punah, potensi hujan kembali terjadi dengan intensitas ringan hingga sedang, bahkan lebat, kadang disertai petir/kilat dan angin kencang atau angin puting beliung," kata prakirawan BMKG Bandung Muhammad Iid, Kamis (15/4/2021).

Pada periode transisi atau pancaroba ini, jangan heran dengan cuaca ekstrem ya dalam beberapa hari ke depan. Sebab, cuaca ekstrem merupakan salah satu tanda pancaroba.
Karena itu, kamu disarankan selalu mewaspasai cuaca, mulai dari hujan lebat, huhan es, hujan disertai angin kencang, termasuk puting beliung. Siap tetap waspada kan?

"Dalam beberapa (hari) ke depan masih perlu diwaspadai terhadap potensi cuaca ekstrem selama periode transisi. Tetap selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi, baik itu diakibatkan hujan lebat disertai petir atau angin kencang dan angin puting beliung," jelas Iid.

Tips Hadapi Cuaca Ekstrem
Nah, jika kamu berada di tengah cuaca ekstrem, langkah pertama yang harus dilakukan adalah berpikir dan bertindak tenang. Jika sedang berada atau menaiki kendaraan, segeralah menepi dan cari tempat aman.

Hindari berteduh di bawah pohon dan bangunan yang berpotensi roboh. Jangan memaksakan diri melanjutkan perjalanan jika dirasa enggak memungkinkan. Intinya, lebih baik perjalananmu lebih lama karena menunggu cuaca ekstrem reda, daripada memaksakan diri dan berujung celaka.

Selain itu, yang enggak kalah penting untuk disiapkan di tengah cuaca seperti ini adalah jaket. Ini bisa jadi senjata penangkal di tengah angin yang cukup kencang. Jangan lupa juga mengonsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tetap jaga diri dan kesehatan ya, TemanBaik!

Foto: Ilustrasi Unsplash/NASA

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler