'Kohkol' Bakal Hadir Lagi di Bandung, Ini Kegunaanya

Bandung - TemanBaik, ada yang tahu dengan sebutan kohkol? 'Kohkol' ini merupakan alat komunikasi tradisional khas Sunda. Singkatnya, kohkol ini semacam 'alarm' untuk mengingatkan warga saat terjadi bencana atau kejadian tertentu.

Kohkol terbuat dari bambu. Cara penggunaannya adalah dengan dipukul menggunakan kayu. Namun, kohkol ini sebenarnya enggak hanya ada di Tanah Sunda. Di daerah lain juga ada loh, tapi sebutannya berbeda. Ada yang menyebutnya pentungan, kentongan, serta beragam nama lainnya.

Kohkol biasanya dipukul untuk mengabarkan terjadi sesuatu di suatu daerah. Sehingga, warga bisa tahu apa yang terjadi dan mengambil langkah tepat. Kohkol juga kerap dipakai untuk kegiatan ronda malam.

Orang yang kebagian tugas ronda bakal membawa kohkol ini dan memukulnya sesekali sambil berpatroli. Ketika ada kejadian tertentu, kohkol akan dipukul sekencang dan selama mungkin. Biasanya, warga akan berbondong-bondong datang ke sumber bunyi kohkol berasal untuk mengetahui apa yang terjadi.

Namun, secara perlahan penggunaan kohkol ini semakin ditinggalkan. Di Kota Bandung misalnya, saat ini tergolong sedikit di wilayahnya yang memiliki kohkol sebagai alat komunikasi. Padahal, keberadaan kohkol ini sangat penting.

Baca Ini Juga Yuk: Fakta Menarik Piala Menpora 2021 yang Baru Berakhir

Oleh karena itu, kohkol akan kembali dihadirkan di berbagai wilayah di Kota Bandung. Tujuan besarnya, kohkol ini dihadapkan jadi alat komunikasi atau 'alarm' untuk meningkatkan kesiapsiagaan warga menghadapi bencana.

"Kita tidak bisa lepas dari bencana, oleh karena itu kita masyarakat harus punya kesiapsiagaan menghadapi bencana," kata Wali Kota Bandung Oded M. Danial.

Ke depan, berbagai tingkatan di masyarakat diharapkan memiliki kohkol dengan difasilitasi aparat kewilayahan. Secara bertahap, hal itu diharapkan terwujud.

Sebagai langkah awal, Oded bersama jajaran Diskar PB dan beberapa pihak lain melakukan sosialisasi soal kohkol tersebut dalam peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana di Balai Kota Bandung, Senin (26/4/2021).

Secara simbolis, kohkol ini dipukul secara serempak pada pukul 10.00 WIB oleh mereka yang hadir di lokasi. Selain itu, perwakilan dari 30 kecamatan se-Kota Bandung juga melaksanakan pemukulan kohkol itu di waktu yang sama.

Kenapa sih kohkol ini perlu dihadirkan lagi? Alasannya, kohkol ini tergolong jadi alat komunikasi yang efektif. Hadirnya kohkol juga jadi salah satu bagian dari kearifan lokal.

Foto: Oris Riswan/Beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler