Sesuap Kasih dari Street Feeder Karawang Buat Kucing Jalanan

Karawang - Aksi Baik kembali datang dari Karawang. Masih dengan tema Street Feeding atau memberi makan kucing jalanan, kini teman-teman baik di Karawang sedang gencar melakukan aksi serupa.

Kegiatan street feeding atau memberi makan kucing di jalanan ini sudah dilakukan sejak tahun 2020. Wuri Annisafitri selaku pendiri dan inisiator Streetfeeding Karawang menyebut kegiatan ini terinspirasi dari pengalaman pribadi Wuri, yang boleh jadi sama seperti yang kita alami juga, yaitu menemukan kucing yang meminta makan saat dirinya sedang makan di luar. Berangkat dari kegelisahan itu, Wuri kemudian menginisiasi kegiatan street feeding.

"Kasihan aja gitu sama kucing-kucing yang minta makan pas aku lagi makan di luar. Kita juga kan enggak tahu dia udah makan atau belum? Terus enggak semua yang kita makan, bisa mereka makan juga," terang Wuri kepada Beritabaik.id.


Kegiatan ini biasa dilakukan oleh teman-teman street feeder Karawang di pusat keramaian kota. Alun-alun Karawang adalah salah satu lokasi favorit saat mereka menjalankan aksi baik ini. Wuri menyebut, gerakan ini perlu dilakukan di tempat ramai agar bisa dilihat dan ditiru oleh orang banyak.

Baca Ini Juga Yuk: Menyerap Makna Hidup dari 5 Persembahan Puja Hari Raya Waisak

Senapas dengan namanya, komunitas ini menyasar kucing jalanan untuk diberi makan. Ini hal penting yang menjadi catatan untuk kita loh. Sebab, kucing-kucing rumahan boleh jadi sudah terawat oleh pemiliknya, atau jika ada komunitas, bisa oleh komunitasnya. Namun tidak demikian dengan kucing jalanan.

Bagi Wuri dan teman-teman Street Feeder Karawang, bisa melihat kucing (khususnya kucing jalanan) bisa makan lahap adalah satu hal yang membuat dirinya bahagia. Oleh karenanya, waktu membagikan makanan dengan berkeliling kota Karawang adalah momen paling dinantikan oleh Wuri dan teman-temannya.

"Apalagi kalau mereka minta dielus-elus, terus kayak nyandarin badannya ke kita. Itu tuh seneng banget," terangnya.

Sejauh ini, Street Feeder Karawang punya 50 anggota, dan sekitar 30 anggota aktif. Buat kamu yang berada di sekitar Karawang, kamu bisa nih gabung ke komunitas ini dan membantu aksi baik mereka. Kamu bisa mengontak langsung Wuri atau Instagram resmi @streetfeederkrw.

Wuri juga menanggapi positif gerakan street feeding yang gencar dilakukan di berbagai kota. Ia menilai komunitas pecinta hewan, apalagi yang bergerak di bidang aksi baik untuk hewan ini perlu dilakukan. Ia juga aktif berkoordinasi dengan pegiat street feeding yang ada di kota-kota lainnya.


Gerakan Street Feeder Karawang juga membuka donasi buat kamu yang kepengin memberi makan kucing, tetapi enggak sempat melakukan gerakan serupa. Donasi ini bisa berupa makanan kucing atau materi, yang nantinya akan dikonversi menjadi makanan kucing pula. Donasi juga bisa kamu salurkan melalui platform Kitabisa, yang secara rinci terpajang di akun media sosial Street Feeder Karawang.

Sebagai pamungkas, Wuri mewakili Street Feeder Karawang berharap pihaknya dapat menggaet banyak pihak untuk berkolaborasi. Pihak terdekat yang ingin digaetnya adalah otoritas setempat, karena di Karawang itu sendiri mempunyai Puskeswan atau Pusat Kesehatan Hewan. Harapannya, kolaborasi dengan pihak-pihak tersebut dapat membantu komunitas ini dalam berbagi kasih sayang dengan sesama makhluk Tuhan, yakni hewan.

"Khususnya program sterilisasi dan rescue. Soalnya kita banyak ketemu kucing sakit, atau anak kucing yang enggak ada Ibunya. Tetapi kemampuan kita untuk me-rescue itu belum terlalu besar. Besar harapan kita supaya program ini bisa jalan," tutup Wuri.

Sehat dan sukses selalu ya, teman-teman! Semoga kebaikan dan kebahagiaan menyertai, di manapun kamu berada.

Foto: Istimewa/Dok. Street Feeder Karawang

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler