Yuk! Bersepeda ke Tempat Kerja Setiap Jumat

Bandung - TemanBaik, ada yang gemar bersepeda? Jika iya, ada gerakan baru nih yang bisa kamu ikuti, khususnya di Bandung. Kamu yang sebelumnya enggak gemar bersepeda juga bisa ikutan.

Nama programnya adalah 'Jumat Bersepeda ke Tempat Kerja'. Program ini dicanangkan Wakil Wali Kota Yana Mulyana dan Ketua DPRD Kota Bandung Teddy Rusmawan tepat di Hari Sepeda Sedunia pada 3 Juni 2021.

"Di Hari Sepeda Sedunia ini kami berkomitmen minimal dalam seminggu kita sepakati bersepeda dari rumah ke tempat kerja," kata Yana di Taman Dewi Sartika, Kota Bandung.

Dengan program ini, para aparatur sipil negara (ASN), anggota DPRD, serta para pekerja di Bandung diajak untuk gowes ke tempat kerjanya setiap jumat. Sehingga, diharapkan hari jumat jadi momentum untuk berkeringat agar warga menjadi sehat.

Tak hanya itu, warga di daerah lain juga diharapkan semakin menggiatkan bersepeda ketimbang naik kendaraan bermotor dan mengikuti kegiatan ini. Bukan hanya ke tempat kerja, kegiatan bersepeda ini juga bisa dilakukan dalam berbagai kegiatan, mulai dari ke sekolah hingga ke warung.



Baca Ini Juga Yuk: Tahu Enggak? Ini Loh Makhluk Hidup Pertama di Bumi

Diharapkan Jadi Budaya
Kegiatan bersepeda sendiri jadi tren di Bandung sejak pandemi COVID-19 melanda. Hal itu disambut positif karena bisa berdampak ganda. Selain baik untuk imun tubuh, bersepeda juga membantu mengurangi polusi udara.

Secara perlahan, kegiatan bersepeda ini diharapkan jadi budaya di Bandung. Sehingga, 'Jumat Bersepeda ke Tempat Kerja' diharapkan jadi pemantik agar makin banyak orang yang beralih dari kendaraan bermotor ke sepeda untuk beraktivitas.

"Sangat banyak manfaat yang didapatkan, khususnya bagi Kota Bandung, kalau bersepeda ini jadi budaya. Polusi berkurang, udara makin segar, oksigen makin enak, mengurangi kemacetan. Jadi, sangat banyak benefit kalau kalau kebiasaan besepeda ini dilakukan kita semua," tutur Yana.



Program ini disambut antusias Forum Komunikasi Sepeda se-Bandung Raya. Ini sesuai dengan harapan yang mereka bawa di tengah peringatan Hari Sepeda Sedunia.

Lewat program tersebut, Ketua Forum Komunikasi Sepeda se-Bandung Raya Angga Cabelita berharap gaung bersepeda di Bandung semakin besar. Sehingga, berbagai manfaat positif bisa dirasakan bersama.

"Harus dibangun budaya bersepeda ini sejak awal agar ke depannya semakin banyak orang yang terbiasa bersepeda," tutur Angga.

TemanBaik, yuk geliatkan kegiatan bersepeda! Jika belum punya sepeda, enggak ada salahnya menabung biar bisa membeli sepeda.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Manny Becerra
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler