21 Juni, Tanggal Penting untuk Dua Pemimpin Indonesia

Jakarta - TemanBaik, pada 21 Juni ini, ada dua momentum penting bagi Indonesia. Kedua momentum ini bahkan melibatkan dua sosok besar. Momentum apa dan kenapa, ya?

Hari Lahir Jokowi
Pada 21 Juni 1961, Joko Widodo lahir di Rumah Sakit Brayat Minulya, Solo. Pria yang kemudian dikenal dengan nama Jokowi itu lahir dari rahim Sujiatmi.

Nama Joko Widodo kemudian disematkan oleh orang tuanya, yakni Wijiatmo Notomiharjo dan Sujiatmi. Joko sendiri berarti laki-laki, sedangkan Widodo berarti keselamatan.

Tak ada pikiran jika suatu saat sang anak bakal jadi pejabat, bahkan jadi orang nomor satu di Indonesia alias presiden. Namun, saat Jokowi berusia empat tahun, sang kakek, Wiroredjo, menyebut sang cucu akan menjadi orang besar (sukses) karena memiliki kepala yang besar.

Sang kakek memang bukan peramal. Namun, dari gumaman sang kakek, ternyata Jokowi benar-benar jadi orang sukses. Namun, tentu kesuksesan Jokowi menempuh perjalanan berliku.

Baca Ini Juga Yuk: Ini 5 Pejuang Perempuan dalam Mata Uang Rupiah

Pada usia 44 tahun, Jokowi jadi orang nomor satu di Solo alias Wali Kota sejak 2005 hingga 2012. Pada 15 Oktober 2012, Jokowi kemudian jadi Gubernur DKI Jakarta.

Popularitasnya yang terus melejit membuat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengusungnya menjadi calon presiden berpasangan dengan Jusuf Kalla. Pada 20 Oktober 2014, Jokowi pun resmi menjabat sebagai Presiden dengan Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden.

Satu periode berhasil dilaluinya. Ia pun kembali terpilih menjadi Presiden dan dilantik pada 2019 dengan KH. Ma'ruf Amin sebagai Wakil Presiden.

Saat ini, di usia 60 tahun, Jokowi mantap dengan posisinya sebagai Presiden. Ia sedang berusaha membangun Indonesia dengan berbagai program bersama kabinetnya. Mengatasi pandemi COVID-19 pun jadi salah satu tugas berat yang kini dihadapi.


                                                               Foto: Leiden University Libraries

Meninggalnya Sang Proklamator
Siapa yang tak kenal dengan sosok Ir. Sukarno alias Bung Karno? Beliau adalah sosok Bapak Bangsa yang berperan penting mengantar Republik Indonesia menuju gerbang kemerdekaan dari tangan penjajah.

Kegigihannya begitu luar biasa. Ia berjuang sejak masih muda hingga akhirnya bisa memerdekakan Indonesia. Ia pula yang memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Lahir pada 6 Juni 1901 di Surabaya, Sukarno seolah memang sudah ditakdirkan sebagai pejuang hebat. Berbagai lika-liku perjalanan dan perjuangannya begitu keras, bahkan pernah diasingkan hingga dipenjara oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda.

Namun, hadangan yang ada seolah membuat sikapnya semakin matang. Ia semakin kuat dalam berjuang menentang penjajahan dan begitu keras memperjuangkan kemerdekaan.

Puncaknya, pada 17 Agustus 1945, Bung Karno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Ya, memang ada sosok lain yang berperan penting di balik kemerdekaan itu. Namun, peran Bung Karno tentu sangat besar dan istimewa.

Bung Karno kemudian jadi Presiden pertama Republik Indonesia. Namun, pada Maret 1967, beliau lengser dari jabatannya. Ia hidup dalam pengucilan hingga sempat jadi tahanan rumah.

Setelah sempat sakit-sakitan di usia senjanya, Sang Proklamator meninggal dunia pada 21 Juni 1970 saat berumur 69 tahun. Duka mendalam saat itu tak hanya dirasakan keluarga Bung Karno, tapi juga seluruh rakyat Indonesia. Bagaimana tidak, Bung Karno adalah sosok sangat vital bagi bangsa Indonesia.

Foto: dok. Biro Pers Setpres RI
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler