Aksi Baik RMG Uwais, Bagikan 400 Porsi Makanan Sehari

Jatinangor - #AksiBaik kali ini datang dari Rumah Makan Gratis Uwais Bandung. Dalam sehari, rumah makan ini menyiapkan makanan hingga 400 porsi untuk dibagikan kepada warga di Jalan Raya Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Barangkali kamu pernah dengar, pada awalnya Rumah Makan Gratis Uwais Bandung ini bernama Rumah Makan Gratis Uki Kautsar. Saat dikonfirmasi Beritabaik.id, Abu Faiz Tsani Firmansyah selaku pengelola harian RMG Uwais Bandung penjelaskan penggantian nama menjadi RMG Uwais Bandung lebih karena alasan pembenahan manajemen, dikembalikan ke penggagas awal yaitu owner RMG Uwais Balaraja.

Dibuka sejak Maret lalu, pada tahap awal, Rumah Makan Gratis Uwais Bandung bisa membagikan sebanyak 250 porsi makanan. Luar biasanya, jumlah tersebut saat ini meningkat hingga 400 porsi. Seperti diketahui sebelumnya, penggagas awal RMG Uwais ini adalah pemilik RMG Uwais Balaraja di Tanggerang.



Baca Ini Juga Yuk: Data & Fakta Vaksin Moderna yang Baru Tiba di Indonesia

Lokasi di Jatinangor itu sendiri merupakan cabang ketiga. Sebelumnya, RMG Uwais beroperasi di Balaraja, Tanggerang, dan Bekasi.

Lebih lanjut lagi, Tsani menjelaskan tidak ada kriteria tertentu bagi siapapun untuk makan di RMG Uwais Bandung. Hanya saja, untuk program tebar nasi box ke luar area RMG Uwais Bandung, mereka memprioritaskan masyarakat fakir, miskin, santri, pengajar pesantren, masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri, pedagang keliling, pemulung, pengemudi ojek daring hingga ojek pangkalan.

Satu porsi makanan gratis di RMG Uwais Bandung berisi nasi, dua jenis lauk, gorengan atau kerupuk, buah segar dan air minum kemasan. Rumah makan ini buka pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap Senin sampai Sabtu.

"Makanan biasanya pukul 17.00 sudah habis," ujar Tsani.

Awalnya, pengunjung bisa menikmati makanan gratis dengan cara makan di tempat. Namun, seiring meningkatnya kasus COVID-19 di wilayah tersebut, pelayanan RMG Uwais Bandung dialihkan dengan cara membungkus makanan per porsi. Hebatnya lagi, jumlah makanan tersebut tak sebatas untuk pengunjung yang datang atau pengendara di jalan saja, namun pengelola juga sampai mengantarkan makanan untuk masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri.


Masih dalam rangka mengantisipasi kerumunan di tempatnya, Rumah Makan Gratis Uwais Bandung membagikan makanan secara dua sesi. Pertama dimulai pukul 13.00, lalu dilanjutkan pukul 15.00 hingga selesai. Sebagai informasi pula, belanja sembako perhari untuk 400 porsi makanan yang dibagikan terdiri dari 30 kilogram beras, 30 kilogram daging ayam, 8 kilogram daging sapi, 15 kilogram telur ayam dan aneka sayuran mentah.

Sebagai penutup, Tsani menyampaikan tiga harapannya, khususnya terkait RMG Uwais Bandung. Ia berharap ada banyak saudara-saudara di luar sana yang terbantu dengan hadirnya rumah makan gratis ini. Lalu, ia berharsp semoga aksi baik ini menjadi inspirasi serta motivasi untuk teman-teman yang lain agar mengadakan aksi serupa.

"Kami juga berharap apa yang kami lakukan ini menjadi ladang amal jariyah untuk di akhirat nanti," pungkasnya.

TemanBaik, sekecil apapun nilainya, berbagi adalah sesuatu yang sangat nikmat. Ada yang sudah pernah mencobanya? Selain itu, yuk kita dukung dan doakan agar aksi-aksi baik seperti ini bisa panjang umur.

Foto: Djuli Pamungkas/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler