Iduladha 1442 H, Momentum Solidaritas untuk Indonesia Sehat

Jakarta - Pemerintah menetapkan Hari Raya Iduladha 1442 H jatuh pada hari ini, Selasa, 20 Juli 2021. Perayaan Iduladha tahun ini menekankan rasa solidaritas karena berlangsung dalam masa pandemi virus korona.

Dalam sambutannya di acara Tabligh Akbar Virtual, Presiden Joko Widodo menyampaikan beberapa hal, antara lain tema ‘Solidaritas Bersama untuk Indonesia Sehat’ untuk Iduladha tahun ini. Tagar #TakbirDiRumahAja digaungkan untuk diramaikan di media sosial.

"Di tengah pandemi ini, kita harus lebih banyak kesediaan berkurban lagi. Mengorbankan kepentingan pribadi dan mendahulukan kepentingan masyarakat," kata Jokowi, Senin (19/7/2021) malam.

Iduladha juga disebut sebagai momentum untuk menguatkan solidaritas dalam semangat persaudaraan, yakni ukuwah Islamiyah, ukuwah watoniah, dan ukuwah insaniyah. Nilai-nilai tersebut diyakini mampu melipatkan gandakan energi kita untuk mampu optimis bangkit bersama.

Karena diperingati dalam masa pandemi, Iduladha tahun ini dirayakan secara sederhana. Presiden menganjurkan perayaan sederhana ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat, tanpa mengurangi kehikmatan dalam menyampaikan rasa syukur.


Baca Ini Juga Yuk: Jangan Lengah, DBD Mengintai di Tengah Pandemi

Sementara itu Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyerukan takbir virtual dalam memperingati Iduladha tahun ini. Ditambahkan oleh Menag, Iduladha mengingatkan umat Islam pada pesan penting Rasulullah SAW saat menyampaikan khutbah wukuf pada Haji Wada’ 14 Abad silam. Salah satunya adalah pesan untuk menjaga darah dan jiwa setiap manusia.

Pesan Arafah ini menunjukkan bahwa Islam sangat menjunjung nilai kemanusiaan. Atas alasan kemanusiaan juga, pemerintah tahun ini kembali memutuskan tidak memberangkatkan jemaah haji, menjaga jiwa dan keselamatan mereka di tengah pandemi COVID-19. Atas alasan kemanusiaan juga, Pemerintah terapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada Iduladha 1442 H, karena angka positif harian Covid-19 masih meningkat.

"Ini pesan yang sarat dengan nilai-nilai kemanusiaan. Karena itu, di momen Iduladha saat pandemi, mari bangun solidaritas bersama untuk Indonesia Sehat," tandasnya.

Sebagai pamungkas, Menag mengajak umat Islam memanfaatkan momentum Iduladha untuk mengagungkan asma Allah melalui takbir dan tahmid, bersyukur atas segala nikmat. Selain itu, ia juga mengajak khususnya pada umat Islam untuk menjadikan Iduladha di masa pandemi ini untuk wukuf, merenungkan keberadaan diri kita sebagai makhluk kecil dan lemah.

"Tidak sepantasnya kita sombong dan menyombongkan diri. Tetap berikhtiar mengatasi pandemi lalu bertawakkal. Jauhkan segala sifat caci maki dan saling menyalahkan. Mari bergandengan tangan, berupaya lahir dan batin agar pandemi ini bisa segera berakhir," tegasnya.

Selamat Hari Raya Iduladha ya, TemanBaik. Walau dalam euforia kebahagiaan, tetap jaga diri di manapun kamu berada.

Foto: Dok. Kemenag RI

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler