Cara Asyik Belanja Sambil Beramal di BarBeKu

Bandung - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk berbagi. Tak melulu memberi uang, berbelanja juga bisa jadi sebuah aksi baik. Simak ulasannya, yuk!

Sebuah spanduk berukuran cukup besar terlihat mencolok di deretan rumah toko (ruko) di Jalan Rancabolang, Kota Bandung. Ada dua tulisan yang terpampang di sana. Pada bagian kiri, tertulis 'Toko BarBeKu, Jual Praktis Beli Ekonomis. Bazar Murah'.

Sedangkan pada bagian kanannya tertulis 'Pusat Furniture Murah Berkualitas'. Pada bagian bawahnya juga terdapat keterangan seluruh keuntungan dialokasikan untuk membiayai program sekolah gratis berkualitas Yayasan Amal Khair Yasmin.

Tempat ini diberi nama BarBeKu yang merupakan kepanjangan dari Barang Bekas Berkualitas. Toko ini jadi tempat penjualan aneka barang. Tak hanya barang bekas, ada juga barang baru. Yang pasti, harganya sangat terjangkau.

Di area halaman yang sekaligus parkiran, dipajang beberapa barang bekas seperti stroller bayi, koper, laci, hingga sepeda anak-anak. Beranjak ke area teras, ada tempat penyimpanan baju bekas di kiri-kanannya.

Di sebelah kiri, tertulis Rp20.000 untuk per potong pakaian. Sedangkan di sebelah kanan, Rp20.000 untuk tiga potong pakaian. Di sana juga ada rak yang dipajang sandal, sepatu, tas, hingga boneka. Harganya juga Rp20.000. Meski harganya murah, tapi kualitasnya masih layak pakai.

Beranjak ke area dalam toko, ada berbagai macam barang yang dipajang. Di sebelah kiri misalnya, ada gelas, piring, tongkat, lukisan, tas, hingga berbagai buku. Sedangkan di area tengah dan sebelah kanan lebih banyak terdapat furniture, mulai dari kursi, meja, hingga lemari. Khusus furniture, mayoritas adalah barang baru yang berasal dari Jepara.

Berbeda dengan barang bekas, furniture ini harganya jauh lebih mahal. Maklum, furniture khas Jepara memang dikenal dengan kualitas dan keindahannya. Apalagi, barang yang dijual ini merupakan barang baru. Namun, jika dibandingkan dengan barang serupa yang dijual di tempat lain, harga di sini umumnya lebih terjangkau. Selisihnya bahkan bisa mencapai ratusan ribu.

Baru Dua Bulan Beroperasi di Bandung
Islahul Umam, staf BarBeKu Bandung, bercerita soal tempat kerjanya. Baru dua bulan BarBeKu Bandung ini berdiri, tepatnya sejak Juni 2021.

"Kalau untuk toko Barbeku ini sebenarnya cabang," ujar Isla, sapaan akranya, saat ditemui di lokasi, Rabu (21/7/2021).

Jauh sebelum membuka cabang di Bandung, BarBeKu ini lebih dulu hadir di kawasan Ciputat, Tangerang, Banten. Ini jadi lokasi pertama sekaligus pusat BarBeKu. BarBeKu juga punya cabang yang di kawasan, Sukoharjo, Solo, Jawa Tengah.

Baca Ini Juga Yuk: Mulyadi, Ojol Disabilitas yang Antarkan Bubur Ayam Gratis

Sejak beroperasi, BarBeKu Bandung ini diakuinya tergolong masih sepi dari pengunjung maupun pembeli. Belum banyak dikenal warga diprediksi jadi salah satu penyebabnya. Selain itu, pandemi COVID-19 hingga pemberlakukan PPKM Darurat juga diduga jadi penyebab tambahan.

Di saat yang sama, BarBeKu Bandung juga belum bisa melakukan promosi jor-joran dan bazar. Apalagi, bazar biasanya jadi salah satu cara BarBeKu untuk promosi sekaligus menjual barang lebih banyak. Solusi lain pun diambil untuk membuat BarBeKu ini makin dikenal dan memancing pengunjung maupun donatur datang.

"Promosinya itu kita sebar brosur, kita sebar di perumahan-perumahan, di toko-toko, di jalan, dan juga di WA di nomor 0821-1084-4753, di IG juga ada @toko_barbeku_bandung, di Facebook juga ada," ungkap Isla.

Konsep Membeli Sekaligus Beramal
Yang menarik dari BarBeKu adalah keuntungan hasil penjualan. Apa yang didapatkan, sebagian besar disalurkan oleh Yayasan Amal Khair Yasmin untuk membiayai pendidikan anak sekolah.

"Sebenarnya konsepnya ini menjadi penjualan itu keuntungannya untuk biaya adik-adik kita sekolah seperti yang tertera di brosur-brosur ini. Sudah banyak adik-adik kita sekolah dari biaya-biaya (hasil penjualan) ini," jelas Isla.

Ia pun memberikan brosur. Dalam brosur itu ada beberapa sekolah yang jadi tempat penyaluran donasi hasil penjualan barang di BarBeKu, mulai dari SMK Agri Bisnis Hasan Mustapa, SMA Cendekia, SMP dan Rumah Yatim, empat PAUD/TK, Pusat Terapi Autis, hingga tiga sanggar belajar.

Menuru Isla, barang yang ada memang terbagi dua, yakni barang bekas dan baru. Yang jelas, barang bekas atau baru, keuntungan hasil penjualannya tetap disalurkan untuk kebutuhan membiayai pendidikan.

Lewat BarBeKu, warga sebenarnya diajak beramal dengan cara berbeda. Di satu sisi, mereka bisa belanja apapun barang yang dijual di lokasi. Di sisi lain, uang yang diberikan untuk membayar barang justru dipakai untuk aksi baik di bidang pendidikan.

Baca Juga Yuk: Aksi Baik Bagikan Bubur Gratis Bagi Pasien Isoman

Untuk barang bekas, ini berasal dari hibah para donatur. Namun, tak semua barang bisa dijual. Sebab, BarBeKu menetapkan standar tertentu untuk barang yang dipajang dan dijual di toko.

"Ada (seleksi). Kalau barang-barang hibah diseleksi. Jadi, barang-barang yang pantas kita jual, kita jual. Barang yang tidak pantas, tidak kita jual," tuturnya.

Meski umumnya barang bekas ini harganya sangat terjangkau, tapi menurut Isla sangat berharga. Sebab, nominal atau harga yang murah, justru akan sangat bermanfaat bagi masa depan anak-anak.

"Ya, meskipun hanya beli barang-barang hibah seperti baju, kami senang sekali, itu sudah ngebantu sebenarnya. Karena meskipun mereka hanya beli Rp20 ribu, konsumen itu sudah termasuk sedekah, sedekah untuk adik-kami," tutur Isla.

Oleh karena itu, ia berharap semakin banyak warga yang datang dan berbelanja ke BarBeKu. Sebab, selain bisa mendapatkan barang murah berkualitas, di saat bersamaan warga bisa berdonas untuk membantu pendidikan anak-anak yang membutuhkan.

Yuk! Salurkan Barang Bekasmu
TemanBaik, selain berbelanja, kamu tentu bisa turut berdonasi dengan menghibahkan barang bekasmu ke BarBeku. Khusus untuk area Bandung, kamu bisa menyalurkannya ke cabang yang ada di Ruko Persada Asri Nomor R2, Jalan Rancabolang, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung.

"(Bagi yang ingin berdonasi) langsung bisa hubungi kami ke WA ke nomor 0821-1084-4753. Untuk sementara kami bisa menerima barang melalui ojek online atau datang sendiri kirim ke sini," ajak Isla.

Coba deh ingat-ingat barang yang ada di rumahmu, siapa tahu ada yang tidak terpakai tapi masih layak masih layak digunakan. Akan lebih bermanfaat menyumbangkannya buat orang lain. Kamu juga tentu bisa menghibahkannya pada BarBeKu.

Baca Ini Juga Yuk: Dipersatukan Profesi, Saling Membantu di Tengah Pandemi

"Menurut saya, sedekah itu enggak harus uang. Silakan datang bawa sepatu yang masih layak untuk digunakan, masih layak untuk dijual kembali, itu kami sudah terima kasih sekali. Pakaian juga demikian, buku, tas, itu bermakna sekali untuk adik-adik kita," pungkas Isla.

Sedangkan bagi kamu yang berada di wilayah Jabodetabek, kamu bsa menyalurkannya ke BarBeku di Jalan Purnawarman Blok A Nomor 37, Bukit Cirendeu, Pondok Cabe, Ciputat, Tangerang Selatan 15419. Nomor yang bisa dihubung 0812-1159-4700.

Sementara bagi kamu di regional Solo, cabang BarBeKu ada di Jalan Pramuka Komplek Graha Safira 2, Ruko Nomor 12, Wirun Mojolaban, Sukoharjo, Solo, Jawa Tengah 57554. Nomor yang bisa dihubungi 0877-2224-8334.

Informasi lainnya juga bisa kamu akses melalui media sosial, salah satunya akun Instagram @tokobarbeku. Yuk, jadikan barang bekasmu jadi lebih bermanfaat!


Foto: Rayhadi Shadiq/beritabaik.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler