Flores Bakal Punya Jalan Lintas Utara, Ini Manfaatnya

Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat alias PUPR melalui Bina Marga, membangun Jalan Lingkar Utara Flores, dari Labuan Bajo-Kendidi sepanjang 141,29 kilometer. Hal ini dilakukan PUPR untuk mendukung pengembangan Labuan Bajo lewat peningkatan konektivitas. 

"Tujuannya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pemerataan hasil-hasil pembangunan," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono lewat laman pu.go.id

Jalan ini juga menjadi jalur logistik yang menghubungkan sentra produksi pertanian di Kawasan Pertanian Terang dengan Pelabuhan Bari yang akan dibangun sebagai pelabuhan niaga. Untuk menggantikan Pelabuhan Labuan Bajo yang akan menjadi pelabuhan wisata.

Kepala Balai Jalan Nasional (BPJN) X NTT Kupang Muktar Napitupulu mengatakan selain pertanian, jalan ini juga menjadi jalur pengiriman bahan bakar minyak (BBM). Dari wilayah Kedindi yang terdapat Depo Pertamina di Kecamatan Reo, wilayah di pantai utara Kabupaten Manggarai ke Labuan Bajo.

"Pengiriman BBM seperti solar, bensin, minyak tanah, termasuk avtur akan menjadi cepat karena kendaraan tidak perlu memutar lagi ke Ruteng baru melanjutkan perjalanan ke Labuan Bajo. Pengiriman BBM juga sempat terhambat beberapa waktu lalu, karena Jalan Labuan Bajo-Malwatar menuju Roteng mengalami longsor," ujar Muktar.

Ia menambahkan, dengan dibangunnya Jalan Lintas Utara tersebut akan membantu banyak hal. Seperti akses dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Gas (PLTMG), Mobile Power Plant (MPP) Flores (Labuan Bajo) milik PT PLN yang berkapasitas 20 MW di Dusun Rangko, Desa Tanjung Boleng, Kecamatan Boleng, menuju Labuan Bajo.

Saat ini, sudah jadi sepanjang 60 kilometer dengan kondisi jalan yang sudah teraspal sepanjang 18 kilometer. Kementerian PUPR menargetkan keseluruhan jalan rampung teraspal pada tahun 2023. Namun untuk mendukung pembangunan Pelabuhan Bari, penyelesaian pengaspalan hingga ke Bari ditargetkan dapat selesai tahun 2021.

Foto: pu.go.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler