Lingkar Brebes-Tegal yang Bakal Bikin Jalan Pantura Awet

Brebes - TemanBaik, saat ini pemerintah sedang terus meningkatkan konektivitas untuk menunjang peningkatan perekonomian di berbagai daerah di Indonesia. Salah satu yang saat sedang dibangun adalah Jalan Lingkar Brebes-Tegal di Jawa Tengah. Apa sih istimewanya jalan ini?

Jalan ini akan memiliki panjang sekitar 17 kilometer. Tujuan utama pembangunannya adalah untuk melancarkan arus lalu lintas di Brebes dan Tegal yang nantinya bakal jadi kawasan industri di Jalur Pantura alias Pantai Utara.

Pembangunan jalan ini dilakukan sejak awal 2020. Progresnya saat ini sudah mencapai 14,68 persen atau lebih besar dari target rencana sebesar 8,45 persen. Pembangunannya sendiri dibagi empat zona dan dilakukan secara paralel.

Dana dari APBN yang dikucurkan untuk membangun jalan ini mencapai Rp223 miliar. Sedangkan pengerjaannya dilakukan PT. Adhi Karya (Persero) Tbk. Akhir Desember 2020 ini, jalan ini ditargetkan sudah rampung dan bisa dipakai.

Hadirnya jalan ini diharapkan memiliki dampak besar, terutama untuk perekonomian di kawasan sekitar. Kondisi pandemi virus corona pun tak membuat pembangunannya terhambat alias terus digeber agar selesai tepat waktu.

"Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan sekitar. Untuk itu pembangunannya akan terus dilanjutkan dengan tetap memperhatikan protokol physical dan social distancing untuk pencegahan penyebaran COVID-19," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di laman resmi Kementerian PUPR.

Baca Ini Juga Yuk: Jembatan Terpanjang di Kalimantan Tengah Segera Beroperasi

Ia pun mencontohkan proses pembangunan jalan tersebut. Misalnya hanya mempekerjakan pekerja yang sehat, jumlah pekerja terbatas, serta menjaga jarak aman antar pekerja. Semoga dengan cara ini pembangunan berjalan lancar dan virus corona juga tak menyebar.



Bikin Awet Jalan
TemanBaik tentu tahu kan jika Jalur Pantura selama ini memang dikenal sebagai jalur lalu lintas padat saat hari biasa maupun akhir pekan dan musim liburan, termasuk di masa arus mudik dan balik. Jalur ini juga jadi andalan kendaraan-kendaraan besar.

Jika Jalan Lingkar Brebes-Tegal ini rampung, kendaraan nantinya akan terbagi. Sebagian akan menggunakan Jalur Pantura. Sedangkan sebagian kendaraan, terutama kendaraan besar, akan menggunakan Jalan Lingkar Brebes-Tegal.

Dengan cara ini, beban jalan di Jalur Pantura, terutama di kawasan Kota Brebes akan berkurang. Jalanan yang ada tidak akan mudah rusak karena kendaraan besar tidak akan melintas ke lokasi. Cara ini juga diharapkan menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalur tersebut.

Hadirnya jalan lingkar ini juga diharapkan berdampak langsung terhadap perekonomian warga sekitar. Berbagai peluang usaha baru akan terbuka, misalnya membuka warung, restoran, serta usaha lainnya. Dengan begitu, enggak hanya sektor industri yang akan diuntungkan dari keberadaan jalan lingkar tersebut.

Foto: dok. Kementerian PUPR

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler