PON XX Ditunda Setahun, Ini Kabar Baiknya

Jayapura - TemanBaik, tahu kan dengan Pekan Olahraga Nasional (PON)? Ya, ini adalah pesta olahraga terbesar di Indonesia yang mempertandingkan berbagai cabang olahraga. Tahun ini, PON akan menjadi pelaksanaan ke 20 dan akan digelar di Papua. Sehingga, nama gelaran ini adalah PON XX Papua.

Tapi, pandemi virus corona membuat pelaksanaan PON ditunda. Pemerintah pun sudah mengambil keputusan. Jika semula PON akan digelar Oktober 2020, pelaksanaannya mundur menjadi Oktober 2021 mendatang. Tentu ada berbagai pertimbangan hingga akhirnya pemerintah memutuskan kebijakan itu. Hal yang paling utama pastinya karena pandemi virus corona.

Sebab, di tengah pandemi, pengerjaan berbagai venue atau tempat pertandingan menjadi tersendat. Mulai dari suplai bahan bangunan yang sulit, peralatan dan tenaga kerja konstruksi yang terbatas, hingga proses sertifikasi venue oleh lembaga internasional yang terhambat.

Tapi, selalu hikmah dan hal positif di balik kendala yang ada. Penundaan PON itu diiringi dengan kebijakan perpanjangan masa pelaksanaan pembangunan infrastruktur dan venue hingga awal 2021.



Baca Ini Juga Yuk: Proyek Kelistrikan Jalan Terus di Tengah Pandemi

Ada pun yang diprioritaskan jadi bagian dari kebijakan itu adalah untuk venue olahraga dayung, panahan, sepatu roda, lima tower rumah susun, serta penataan kompleks olahraga Kampung Harapan dan Doyo Baru. Di luar itu, pembangunan yang ada dijadwalkan tuntas sesuai jadwal pada 2020 ini.

10 Venue untuk PON
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Papua Direktorat Jenderal Cipta Karya sendiri mendapat tugas cukup berat. Instansi ini ditugaskan membangun 10 venue olahraga untuk pendukung pelaksanaan PON.

Dilansir di laman resmi Kementerian PUPR, venue tersebut di antaranya arena akuatik di Jayapura, Istora Papua Bangkit di Distrik Sentani Timur, arena cricket (indoor dan outdoor) serta lapangan hoki di Kampung Doyo Baru, hingga arena sepatu roda, panahan, dan dayung di Kota Jayapura. Fasilitas yang ada di lokasi-lokasi itu tentu kelas atas dan keren untuk menunjang suksesnya PON.

Untuk berbagai venue itu, progres pembangunannya beragam. Untuk pembangunan fisik venue cricket dan lapangan hoki senilai Rp288,3 miliar misalnya, progresnya sudah 96,5 persen. Arena sepatu roda, venue panahan, dan dayung senilai Rp116,5 miliar progres fisiknya baru mencapai 5,56 persen.

Contoh berikutnya adalah pembangunan arena akuatik senilai Rp401 miliar mencapi 90,11 persen. Serta Istora Papua Bangkit senilai Rp278,6 miliar mencapai Rp84,85 persen.



Kementerian PUPR pun enggak hanya membangun venue untuk pertandingan loh. Ada beberapa hal lain yang dilakukan, misalnya penataan kawasan Kampung Harapan senilai Rp134,7 miliar sebagai pendukung venue Istora dan akuatik. Pembangunannya dilakukan pada akhir Januari 2020 dan saat ini progres pembangunan fisiknya baru mencapai 9,21 persen.

Contoh lainnya adalah penataan kawasan Doyo Baru senilai Rp64,9 miliar. Lokasi ini jadi pendukung arena cricket, serta hoki outdoor dan indoor. Pembangunannya dilakukan sejak akhir Desember 2019 dan saat ini progres fisiknya sudah mencapai 22,68 persen.

Di luar itu, berbagai pembangunan lain juga sedang dikerjakan, misalnya pengamanan Pantai Teluk Youtefa untuk mendukung venue dayung senilai Rp48,5 miliar dan drainase di Kabupaten Jayapura senilai Rp4,7 miliar.

Asrama atlet dan ofisial juga sedang disiapkan. Total sedang dilakukan pembangunan 16 tower rumah susun dengan kapasitas mencapai 2.396 unit. Dari 16 tower, 10 tower di antaranya sudah selesai dibangun. Pada 2020 ini akan dibangun satu tower dan lima tower lain akan dibangun tahun 2021.

Banyak banget kan yang dibangun untuk pelaksanaan PON XX di Papua? Ya, memang bukan hal menyenangkan pelaksanaan PON terpaksa ditunda hingga tahun depan. Tapi, hal ini membuat Kementerian PUPR punya waktu lebih banyak dan leluasa untuk menyelesaikan berbagai pembangunan demi kelancaran PON.

Doakan pandemi virus corona segera berakhir ya, TemanBaik. Doakan juga semua proses pembangunan berjalan lancar. Jangan lupa, doakan juga agar PON menjadi tempat lahirnya para atlet yang kelak akan mengharumkan nama Indonesiadi kancah internasional.

Foto: dok. Kementerian PUPR/www.pu.go.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler