Segera Rampung, Tol Pekanbaru-Dumai Pangkas Jarak hingga 71 KM

Bandung - TemanBaik, ada kabar baik nih, terutama bagi warga di sepanjang jalur Pekanbaru hingga Dumai. Sebab, dalam waktu dekat akan ada Tol Pekanbaru-Dumai yang segera beroperasi.

Tol sepanjang 131,48 kilometer ini merupakan proyek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Uji laik fungsi (ULF) pun sudah dilakukan pada seksi 2 Minas-Kandis Selatan hingga seksi 6 Duri Utara-Dumai.

Secara umum, progres pengerjaan fisik tol ini sudah mencapai 99,07 persen. Karena kurang dari 1 persen sisa pengerjaannya, sehingga dalam waktu dekat bakal segera beroperasi.

Hadirnya tol ini akan menghubungkan kawasan-kawasan produktif. Sehingga, biaya logistik akan bisa dikurangi dan meningkatkan daya saing pertumbuhan produk dalam negeri. Hal ini juga diharapkan memacu pertumbuhan ekonomi kawasan dan menciptakan pusat-pusat ekonomi baru di Sumatera.

"Tol ini akan memperpendek jarak tempuh antara Pekanbaru-Dumai menjadi 131 kilometer di mana kalau melalui jalan nasional jaraknya 200 kilometer," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di laman resmi Kementerian PUPR.



Baca Ini Juga Yuk: Antisipasi Kebutuhan Petani, Pupuk Indonesia Percepat Distribusi

Efektivitas pun akan lebih dirasakan, khususnya bagi angkutan logistik. Sebab, manfaatnya adalah jarak tempuh yang bisa dipangkas. Pekanbaru-Dumai akan bisa dipotong jaraknya hingga 71 kilometer dengan tol ini.

Saya kira truk pengangkut bahan seperti sawit bisa pindah menggunakan jalan tol dengan pertimbangan hitungan waktu. Dengan tol ini, pengguna dapat menghitung waktu perjalanan bahan dari asal sampai ke pabrik," jelas Basuki.

Tol Pekanbaru-Dumai sendiri dikerjakan sejak Juli 2017 dengan skema penugasan pemerintah kepada PT Hutama Karya dengan anggaran Rp16,21 triliun. Untuk seksi I Pekanbaru-Minas sepanjang 9,5 kilometer bahkan sudah dibuka secara fungsional sejak Mei 2020 lalu.

Tol Pekanbaru-Dumai ini merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera sepanjang 2.878 kilometer yang terdiri dari koridor utama dan pendukung membenteng dari Lampung hingga Aceh sebagai koridor utama beserta jalan pendukung (sirip).

Hingga kini, secara umum jalan Tol Trans Sumatera sudah beroperasi sepanjang 467,6 kilometer. Ruas jalan yang sudah beroperasi tersebut Bakauheni-Terbanggi Besar 141 kilometer, Terbanggi Besar-Pematang Panggung-Kayu Agung sepanjang 189 kilometer, Palembang-Indralaya 22 kilometer, Medan-Binjai 10,46 kilometer, Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi 62,2 kilometer, dan Belawan-Medan-Tanjung Morawa 43 kilometer.

Foto: dok. Kementerian PUPR/www.pu.go.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler