Serunya Berburu Produk Unik di Pasar Kreatif Bandung 2020

Bandung - TemanBaik, jika kamu tinggal atau kebetulan sedang berada di Bandung, ada tempat belanja yang cukup menarik untuk dikunjungi. Berlokasi di area lantai dasar Festival Citylink Mall, ada kegiatan bernama 'Pasar Kreatif Bandung 2020'.

Kegiatan ini berlangsung dari 9-18 Oktober 2020. Ada apa saja sih di sini? Kamu bisa berburu aneka produk, terutama fesyen dan kerajinan, seperti pakaian, sandal dan sepatu, tas, hingga aksesoris.

Di sini, ada 24 pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) yang menjadi peserta. Mereka menampilkan ragam produk yang menjadi unggulannya. Ada pakaian dengan nuansa etnik, masker bordir, sepatu dan sandal kulit, tas rajutan, hingga topi yang dilukis menggunakan tangan.

Soal harga tentunya bervariatif, ada yang belasan dan puluhan ribu, hingga ratusan ribu rupiah. Ada juga barang tertentu dengan potongan harga cukup menarik, loh.



Baca Ini Juga Yuk: Mantap! Produk UMKM Bandung Diminati Tiga Negara

Bagi kamu yang tertarik datang ke lokasi, tak perlu khawatir ya. Sebab, protokol kesehatan diberlakukan secara ketat. Begitu akan memasuki area mal, kamu diwajibkan dicek suhu tubuh dan mencuci tangan.

Penggunaan masker juga wajib dilakukan. Jika tak memakai masker, kamu tak akan bisa masuk ke lokasi. Jaga jarak juga tetap dikedepankan di seluruh area.

Perputaran Uang Capai Rp1,5 Miliar
Program 'Pasar Kreatif Bandung 2020' ini merupakan salah satu cara pemerintah setempat memulihkan perekonomian, khususnya bagi pelaku UMKM. Sebab, selama pandemi, omzet para pelaku UMKM menukik tajam. Sehingga, di tengah adaptasi kebiasaan baru (AKB), diperlukan langkah untuk membuat ekonomi mereka kembali bergeliat.

"Sejak Maret, kita semua mendapat ujian luar biasa. Geliat ekonomi di Bandung ini menurun sampai 80 persen saat pandemi," kata Ketua Dekranasda Kota Bandung Siti Muntamah.

Kegiatan "Pasar Kreatif Bandung 2020' sendiri merupakan sinergi yang dilakukan berbagai pihak, di antaranya Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) serta Dekranasda. Namun, diakui Siti, pihaknya sempat ragu menggelar kegiatan di tengah pandemi. Sebab, ada banyak hal yang perlu dipastikan, terutama protokol kesehatan.



Akhirnya, kegiatan itu digelar setelah melalui berbagai pertimbangan. Hasilnya pun positif. Geliat ekonomi dari kegiatan tersebut menggembirakan. Bahkan, perputaran uang juga cukup besar.

'Pasar Kreatif Bandung 2020' sendiri berlangsung secara marathon sejak September lalu dan sudah digelar di tujuh mal. "Omzet dari tujuh mal ini, alhamdulillah, berdasarkan data di kami, subhanallah hampir mencapai Rp1.442.923.448. Jadi, hampir Rp1,5 miliar," ungkap Kepala Disdagin Kota Bandung Elly Wasliah.

Angka ini dipastikan bertambah mengingat omzet 'Pasar Kreatif Bandung 2020' di Festival Citylink Mall belum dihitung. Selain itu, kegiatan ini juga akan berlangsung di satu mal lagi, yaitu di Cihampelas Walk pada 16-25 Oktober 2020. Ini jadi rangkaian penutup.

Sementara dari seluruh rangkaian kegiatan tersebut, total ada 208 pelaku UMKM yang terlibat. Mereka diberi kesempatan membuka satu gerai di satu mal. Sehingga, di setiap lokasi Pasar Kreatif, produk UMKM yang dihadirkan akan berbeda dari satu mal ke mal lain.

Sementara jika kamu ingin mengintip produk apa saja yang ada di 'Pasar Kreatif Bandung 2020', kamu bisa melihat informasinya di akun Instagram @pasarkreatifbdg. Di sini juga ditampilkan informasi para pelaku UMKM yang sudah, sedang, dan akan mengikuti kegiatan tersebut.

Jadi, jika tak bisa berbelanja ke lokasi, kamu bisa membeli langsung produk melalui produsen atau pelaku UMKM-nya. Namun, jika kamu datang ke lokasi, ingat ya, tetap jalankan protokol kesehatan dengan baik dan benar.

Foto: Oris Riswan Budiana

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler