Sensasi Kopi Buatan Barista Tunanetra

Bandung - TemanBaik tahu kan jika saat ini bertebaran kedai kopi di mana-mana? Para barista pun siap memberi suguhan kopi seenak mungkin. Tapi, TemanBaik pernah mencicipi kopi bikinan barista tunanetra?

Para barista tunanetra ini ada loh TemanBaik. Hari ini, Rabu (11/12/2019), mereka membuka booth penjualan kopi di area Wyata Guna, Kota Bandung. Mereka hadir untuk memeriahkan peringatan Hari Disabilitas Internasional.

"Kita ingin meramaikan kegiatan ini. Ini (jualan) kedua kali. Yang pertama (beberapa hari lalu) di Senayan, Jakarta. Itu di acara Hari Disabilitas juga," kata Arfan Ariandi (24), salah seorang barista pada BeritaBaik.id.

Mungkin TemanBaik bertanya-tanya, bagaimana mereka membuat kopi ala kedai kopi dan bagaimana rasanya? Dalam membuat kopi, tangan mereka terlihat terampil. Mereka seolah tak terlihat seperti tunanetra loh.

Para barista ini tahu persis di mana bahan-bahan untuk membuat kopi mereka simpan. Bahkan, tak ada bahan yang tertukar. Tapi, saat membuat kopi, sesekali mereka melakukannya dengan sangat dekat ke wajah, misalnya saat menuangkan susu dan gula.

Dengan cara seperti itu, mereka tahu betul takaran yang tepat untuk setiap kopi yang dipesan pembeli. Feeling alias perasaan juga sangat diandalkan. Lalu bagaimana rasanya?

BeritaBaik.id pun memesan es kopi susu kekinian. Sekitar satu menit pesanan selesai dibuat. Setelah diminum, ternyata rasanya enggak kalah enak kok dari kopi buatan ala barista di kedai-kedai kopi. Perpaduan pahitnya kopi, gurihnya susu, dan legitnya gula aren berpadu dengan pas.

Kedai kopi ini pun jadi salah satu yang paling banyak diserbu konsumen. Sebab, selain rasa yang enak, harganya pun terjangkau. Cukup dengan Rp10 ribu, pengunjung bisa menikmati varian kopi yang tersaji.

Dari mana sih para barista tunanetra ini mendapat keahliannya? Mereka ternyata sudah mengikuti pelatihan selama empat bulan dari barista profesional. Pelatihan berlangsung di Wyata Guna bekerjasama dengan salah satu lembaga dari Korea Selatan.

Sementara dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional, sejumlah kegiatan digelar di lokasi. Ada donor darah, jajanan kuliner, pembagian doorprize, pijat gratis, hingga suguhan musik. Semuanya larut dalam kegembiraan dan menikmati berbagai kemeriahan yang ada.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler