Musim Hujan, Yuk Hangatkan Tenggorokan dengan Kelapa Bakar

Bandung - Saat musim hujan, penggemar es kelapa muda bisa loh beralih dulu pada menu alternatif yang satu ini. Titelnya kelapa bakar. Dulu, butiran kelapa ini lazim diambil dagingnya, lalu dipadukan dengan air kelapa dalam kondisi dingin. 

Kini, inovasi itu dibuat beda dengan hadirnya sajian air kelapa panas yang berkhasiat kesehatan sekaligus nikmat diseruput. Di Bandung, genre street food ini bisa dijumpai hampir di setiap sudut keramaian. Teman Baik yang ingin mencicipinya di seputar Bandung Selatan, bisa menjumpai minuman nikmat ini di Jalan Raya Pangalengan Km 24. Namanya Kelapa Bakar Kang Dodi. 

Cara penyajiannya sangat sederhana. Kelapa yang sudah dibakar lalu dilubangi bagian atasnya untuk memudahkan saat meneguknya. Kamu pun bisa langsung menikmatinya saat panas.

Enggak terbantahkan lagi, kekhasan dari kelapa bakar ini memang kuat loh. Saat batok bagian atasnya dikupas, aroma kelapa pun tercium sangat sedap. Rasanya manis sedang, hangat, gurih dan menyamankan perut. 

"Kelapa bakar juga dipercayai menyembuhkan beberapa penyakit, termasuk untuk menambah stamina. Tapi yang jelas, kelapa bakar sangat cocok dinikmati saat musim hujan," ujar Dodi kepada BeritaBaik.

Tak sekadar menyuguhkan kelapa bakar orisinal, taji dari kelapa ini juga disempurnakan dengan hadirnya kelapa bakar plus yang katanya sih punya khasiat kesehatan. Di Kelapa Bakar Kang Dodi sendiri kelapa bakar biasanya dipadukan dengan racikan bumbu tambahan. Misalnya jahe, susu, madu, ginseng hingga telur ayam kampung atau bebek serta gula aren. Selain menyehatkan, rasanya pun sangat lezat.

Bahkan, ia juga menyuguhkan kelapa bakar spesial yang dimodifikasi dengan berbagai racikan yang menyehatkan. "Kelapa bakar itu paling juara kalau diteguk saat panas-panas. Kalau mau mengusir masuk angin, perut kembung dan keluhan lainnya, bisa menambahkannya dengan rempah dan gula aren," jelasnya. 

Kelapa bakar, biasanya dibakar diatas tungku khusus selama 3-4 jam. Selain berniat memburu cita rasanya yang nampol, banyak pelanggan yang biasanya mengkonsumi kelapa bakar sebagai terapi.

"Biasanya mereka mencari kelapa hijau atau kopyor untuk menyembuhkan penyakit paru-paru, radang tenggorokan hingga kencing batu. Ada satu pengalaman dari pelanggan, baru sekali dia minum kelapa hijau bakar, kencing batunya langsung sembuh," paparnya.

Info buat TemanBaik nih, Di kedai kelapa bakar miliknya, ia biasa menjual per butir Rp10ribu untuk kelapa bakar biasa original. Sementara untuk kelapa bakar spesial dipatok Rp16.000 per butirnya. 

Foto: Dini Yustiani/beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler